TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jelang Jumpa Persikabo, Pelatih PSM Enggan Merasa Jemawa

Juku Eja masih terbayang kekalahan 0-1 di Piala Presiden

Pesepak bola PSM Makassar Yakob Sayuri (kanan) berusaha merebut bola dari pesepak bola Persikabo 1973 Roni Sugeng Arianto (kiri) dalam pertandingan Piala Presiden 2022 Grup D di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Rabu (15/6/2022). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/rwa.

Makassar, IDN Times - BRI Liga 1 2022-23 akhirnya kembali dilanjutkan mulai pekan ke-12. Salah satu partai yang berlangsung Senin besok (5/12/2022) adalah duel PSM Makassar versus Persikabo 1973 di Stadion Sultan Agung Bantul.

Berbicara dalam sesi jumpa pers pada Minggu siang (4/12/2022), pelatih kepala PSM yakni Bernardo Tavares mengaku senang akhirnya bisa kembali bertanding setelah menunggu dua bulan lamanya.

"Pertama-tama, saya ingin menyampaikan bahwa semua yang ada di negeri ini bahagia liga bisa berjalan kembali," ungkapnya dalam keterangan pers yang diterima IDN Times.

"Ke depannya, saya berharap suporter bisa kembali menyaksikan kita di stadion. Karena mereka adalah bagian penting bagi sepak bola," imbuhnya.

1. Persikabo disebut berpotensi menyulitkan PSM Makassar

Persikabo vs Persebaya di Liga 1 2022/23. (Dok. Persikabo)

Lebih jauh, Tavares mengakui jika duel ini bisa berjalan sulit. Terlebih Laskar Padjajaran menorehkan catatan bagus sebelum Liga 1 terhenti untuk sementara waktu. Ia pun masih ingat kekalahan tipis 0-1 yang timnya rasakan di ajang Piala Presiden 2022. Pujian pun tak ragu dilontarkannya ke kubu lawan.

"Persikabo saat ini menurut saya lebih bagus ketimbang PSM menurur hasil beberapa pertandingan kompetitif terakhir. Mereka menang atas tim tangguh seperti Bali United dan Borneo FC," tuturnya.

"Sedangkan PSM imbang di laga terakhir (versus Persis Solo). Mereka juga mengalahkan kita di turnamen pramusim. Terakhir kali kita menang atas Persikabo itu tiga tahun lalu," sambung pelatih asal Portugal itu.

2. Bernardo Tavares sudah pelajari formasi sang lawan

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada Selasa 2 Agustus 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Menyoal straregi, coach Tavares mencatat bahwa Manahati Lestusen dkk tak cuma terpaku pada satu formasi. Persikabo disebut bisa mengubahnya sesuai tipe tim yang akan mereka ladeni. Hasilnya? Ada 3 kemenangan dipetik dalam 5 partai terakhir. Ini jadi alarm untuk Wiljan Pluim dkk.

"Persikabo di lapangan menerapkan 3-5-2 belakangan ini. Tapi bisa juga memakai formasi alternatif 4-1-3-2 atau 4-2-3-1. Mereka mendapat hasil yang cukup baik di beberapa laga terakhir," jelasnya.

"Mereka juga diisi oleh pemain-pemain lokal dan asing yang sama bagusnya. Terlebih pelatih mereka (Djadjang Nurdjaman, red.) juga sudah pernah merasakan juara," sambung Tavares, merujuk pada keberhasilan Persib jadi jawara Liga Super 2014.

Baca Juga: Liga 1 Dilanjutkan 5 Desember, Skuad PSM Sudah di Yogyakarta

Berita Terkini Lainnya