Imbang di Markas Persija, Pelatih PSM Kritik Kinerja Wasit

Tavares menuding wasit jadi biang lahirnya gol penyeimbang

Makassar, IDN Times - PSM Makassar berhasil mencuri satu poin dari laga tandang versus Persija Jakarta di laga pekan pertama BRI Liga 1 2023-24, Senin malam (3/7/2023). Tapi, sang pelatih kepala yakni Bernardo Tavares mengkritik kinerja wasit Agus Fauzan Arifin.

Ini tak lain lantaran insiden di sebelum gol penyama kedudukan Persija Jakarta di menit ke-81. Bek Yuran Fernades terbaring di atas lapangan setelah melakukan perebutan bola dengan salah satu pemain Persija. Tapi, sang pengadil enggan menghentikan pertandingan untuk memberi kesempatan tim medis melakukan perawatan.

Baca Juga: Tahan Imbang Persija, PSM Bawa Pulang Satu Poin dari SUGBK

1. Wasit Agus Fauzan Arifin enggan menghentikan pertandingan saat Yuran Fernandes cedera

Imbang di Markas Persija, Pelatih PSM Kritik Kinerja WasitPesepak bola Persija Jakarta Ryo Matsumura (kanan) berselebrasi dengan rekannya usai membobol gawang PSM Makassar dalam laga perdana Liga 1 2023/2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (3/7/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

"Wasit utama punya peran penting untuk menegakkan fair play, dan wasit utama bukan dokter. Kalau seorang pemain sudah terbaring cukup lama, maka wasit utama harusnya menghentikan pertandingan," ungkapnya dalam sesi jumpa pers setelah laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu rampung.

"Itu bisa saja serius, bisa menimbulkan kematian. Tapi dia (wasit, red.) memilih tidak menghentikan pertandingan, dan kemudian Persija mencetak gol saat ada pemain kami terjatuh di lapangan," imbuh Tavares.

Beberapa detik setelah Yuran terbaring, tampak para pemain PSM dan Persija kebingungan apakah harus melanjutkan atau menghentikan pertandingan. Tapi, Macan Kemayoran yang sudah kadung menyerang langsung memanfaatkan ruang dan keunggulan jumlah pemain untuk mencetak gol penyeimbang dari kaki Ryo Matsumura.

2. Menolak anggapan bahwa anak asuhnya berusaha mengulur waktu saat memimpin

Imbang di Markas Persija, Pelatih PSM Kritik Kinerja WasitPesepak bola Persija Jakarta Hansamu Yama (tengah) berusaha melewati pesepak bola PSM Makassar Willem Jan Pluim (kanan) dalam laga perdana Liga 1 2023/2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (3/7/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Yuran sendiri bisa berdiri melanjutkan pertandingan setelah insiden tersebut, dan bermain hingga waktu peluit panjang ditiup. Tavares menyebut wasit harusnya langsung menghentikan pertandingan saat ada pemain terkapar. Ia bahkan tak mempermasalahkan jika masa tambahan waktu bisa mencapai lebih dari 10 menit.

Meski begitu, ia membantah anggapan bahwa ini adalah caranya untuk mengulur-ulur waktu. Terlebih saat itu PSM unggul 1-0 atas Persija. Fisik penggawa Juku Eja disebut terkuras lantaran taktik pressing dan serangan balik cepat.

"Saya kira jika Anda mengikuti cara bermain kami, kami memang memberikan bola kepada lawan dan menerapkan posisi bermain yang lebih cepat. Jadi kami lebih banyak membangun serangan dari bawah. Dan pada saat Anda memang berlari dalam jarak jauh dan dalam waktu yang lama, ini membuat fisik dan juga mental turun. Dan itu yang terjadi pada para pemain," tutur juru latih berpaspor Portugal tersebut.

3. Meski kecewa dengan hasil akhir, Kenzo Nambu (paling kanan) tetap memuji mental rekan setimnya

Imbang di Markas Persija, Pelatih PSM Kritik Kinerja WasitPesepak bola PSM Makassar Kenzo Nambu (kanan) berselebrasi bersama rekan-rekannya usai membobol gawang Persija Jakarta dalam laga perdana Liga 1 2023/2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (3/7/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Sementara itu, Kenzo Nambu sang pencetak gol PSM di babak pertama mengaku kecewa dengan hasil akhir duel klasik ini. Meski begitu, ia tetap memuji performa rekan-rekan setimnya karena tetap menunjukkan mental yang kuat meski bertanding di hadapan puluhan ribu Jakmania.

"Saya berterima kasih kepada rekan-rekan setim. Apa yang kita lakukan sekarang adalah memulihkan diri dan bersiap untuk pertandingan selanjutnya," ujar gelandang serang asal Jepang itu.

Satu poin di Jakarta membuat Pasukan Ramang saat ini berada di posisi ke-12 klasemen sementara. Selanjutnya, mereka akan menjamu Dewa United di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada pekan kedua, Sabtu mendatang (8/7/2023).

Baca Juga: PSM Pakai Trik Mengulur Waktu, Thomas Doll Uring-uringan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya