Persija Vs PSM, Laga Sengit Rival Klasik di Pekan Pembuka

Pelatih kedua tim enggan merasa difavoritkan pada laga ini

Makassar, IDN Times - Duel panas langsung tersaji di pekan pertama BRI Liga 1 2022-23. Sang juara bertahan PSM Makassar akan menantang rival mereka musim lalu, Persija Jakarta, pada Senin malam (3/7/2023). Kian istimewa sebab laga ini akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Masing-masing tim optimis bisa menang. PSM datang dengan skuat nyaris komplet, termasuk enam pemain asing yang sudah berlatih sejak awal Juni lalu. Persija sendiri baru memiliki tiga tenaga impor, dua diantaranya dipastikan tidak bermain di laga ini.

Meski begitu, kubu tuan rumah memiliki suntikan energi tambahan yakni dukungan puluhan ribu Jakmania. Belum lagi menyoal fakta bahwa Juku Eja belum pernah menang atas Macan Kemayoran di ajang resmi sejak Agustus 2019.

Baca Juga: Head to Head Persija vs PSM: Juku Eja Nirmenang Sejak 2017

1. Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, menyebut laga ini akan berjalan sulit untuk anak asuhnya

Persija Vs PSM, Laga Sengit Rival Klasik di Pekan PembukaPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Jelang bersua rival, pelatih kepala PSM yakni Bernardo Tavares memilih bersikap membumi. Ia menyebut bahwa tim tuan rumah mendapat label favorit pada laga ini atas beberapa alasan. Termasuk catatan buruk PSM tiap bertandang ke markas Persija.

Alhasil, Tavares enggan memberi beban berat ke pundak Wiljan Pluim dkk di laga ini. Capaian fantastis dan euforia luar biasa musim lalu dianggap sudah berlalu. Mereka diminta bersiap menjalani tantangan baru yang lebih berat.

"Persija adalah tim yang bagus, dengan fasilitas yang bagus, serta suporter yang bagus, stadion yang bagus. PSM sendiri sudah lama tidak menang away di sini, bahkan musim lalu kita mendapat kekalahan," tutur juru latih asal Portugal tersebut dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Minggu kemarin (2/7/2023).

"Ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kita. Saya berharap di akhir pertandingan besok, saya bisa merasakan bahwa anak asuh saya sudah memberikan yang lebih baik daripada yang musim lalu kita lakukan," imbuh Tavares.

2. Thomas Doll selaku juru taktik Persija mengatakan sang tamu justru lebih difavoritkan

Persija Vs PSM, Laga Sengit Rival Klasik di Pekan PembukaPelatih kepala Persija Jakarta, Thomas Doll, dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pekan pertama BRI Liga 1 2023-24 kontra PSM Makassar pada Minggu 2 Juli 2023. (Dok. Ofisial Persija Jakarta)

Di sisi lain, Thomas Doll selaku juru taktik Persija menyebut timnya belum bisa memainkan formasi terbaik melawan sang kampiun. Ondrej Kudela dan Dony Tri Pamungkas masih jalani pemulihan cedera, sedang Marko Simic masih harus melengkapi berkas sebelum mengantongi izin bermain.

Namun, ia percaya Riko Simanjuntak dkk memiliki motivasi tinggi. Sama dengan Tavares, coach Thomas juga mengutarakan rasa respek ke PSM. Ia menyebut sang tamu lebih diunggulkan di laga ini berkat status juara bertahan musim lepas.

"Untuk sekarang kami memang belum memiliki tim yang lengkap dan menurut saya semuanya akan lebih mudah jika tim kami lengkap. Tapi saya percaya dengan para pemain saya," ujar dalam kesempatan terpisah.

"Kami bukan tim yang diunggulkan karena kami melawan juara musim lalu. Tapi saya yakin mereka (Persija, red.) akan bermain baik, ditambah akan bermain di depan Jakmania di kandang sendiri," sambung Thomas.

3. Juku Eja tak pernah menang atas Macan Kemayoran di lima pertemuan terakhit

Persija Vs PSM, Laga Sengit Rival Klasik di Pekan PembukaSelebrasi penyerang Persija Jakarta Abdulla Yusuf Helal usai menjebol gawang PSM Makassar di pertandingan pekan ke-20 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Rabu 25 Januari 2023. (Dok. Ofisial Persija Jakarta)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

Persija Jakarta (4-3-3)

Andritany Ardhiyasa (GK); Muhammad Ferrari, Rizky Ridho, Hansamu Yama, Firza Andika; Rio Fahmi, Syahrian Abimanyu, Resky Fandi; Ryo Matsumura, Aji Kusuma, Riko Simanjuntak

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Kike Linares, Yuran Fernandes, Erwin Gutawa; Yance Sayuri, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri; Wiljan Pluim, Everton Nascimento

Catatan lima pertemuan terakhir :

25/01/2023 Persija 4-2 PSM (Liga 1)

05/08/2022 PSM 1-1 Persija (Liga 1)

21/03/2022 Persija 3-1 PSM (Liga 1)

07/12/2021 PSM 0-3 Persija (Liga 1)

18/04/2021 PSM 0-0 Persija (Piala Menpora)

Siapa yang berhasil memetik poin penuh di SUGBK? Saksikan duel Persija versus PSM pada Senin malam (3/7/2023), pukul 20.00 WITA.

Baca Juga: Puja-puji Pelatih Persija untuk Kekompakan dan Kualitas PSM

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya