Jelang Jumpa Persija, Pelatih PSM Sebut Tim Lawan Lebih Difavoritkan

Wiljan Pluim optimis bisa menekuk Macan Kemayoran

Makassar, IDN Times - PSM Makassar langsung mendapat ujian sulit di pekan pembuka BRI Liga 1 2022-23. Mereka akan melawat ke Stadion Utama Gelora Bung Karno sebagai tamu rival musim lalu, Persija Jakarta, pada Senin malam (3/7/2023).

Sang pelatih kepala, Bernardo Tavares, berpesan kepada anak asuhnya agar menjalani laga ini dengan maksimal. Ia ingin duel dua kutub sepak bola Indonesia ini bisa menjadi tontonan menarik di awal pekan.

"Saya berharap kita bisa menunjukkan permainan yang bagus. (Semoga) kta bisa bermain dengan baik, begitu juga dengan Persija serta perangkat pertandingan," ungkapnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Minggu sore (2/7/2023).

1. Bernardo Tavares memilih merendah jelang jumpa Persija pada Senin besok (3/7/2023)

Jelang Jumpa Persija, Pelatih PSM Sebut Tim Lawan Lebih DifavoritkanPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2022-23 kontra Persija Jakarta. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Berbicara lebih jauh, Tavares rupanya memilih sedikit lebih membumi. Ia menyebut bahwa tim tuan rumah mendapat label favorit pada laga ini atas beberapa alasan. Termasuk catatan buruk PSM tiap bertandang ke markas Persija. 

"Persija adalah tim yang bagus, dengan fasilitas yang bagus, serta suporter yang bagus, stadion yang bagus. PSM sendiri sudah lama tidak menang away di sini, bahkan musim lalu kita mendapat kekalahan," jelasnya.

2. Juku Eja kena bekuk 4-2 oleh Macan Kemayoran saat bertemu terakhir kali

Jelang Jumpa Persija, Pelatih PSM Sebut Tim Lawan Lebih DifavoritkanSelebrasi penyerang Persija Jakarta Abdulla Yusuf Helal usai menjebol gawang PSM Makassar di pertandingan pekan ke-20 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Rabu 25 Januari 2023. (Dok. Ofisial Persija Jakarta)

Yang dimaksud Tavares tentu saja duel klasik di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, pada 25 Januari 2023 silam. Saat itu, Persija membekuk tamu asal Makassar dengan skor telak 4-2. Gawang PSM bahkan langsung jebol dua kali di babak pertama.

Di sisi lain, Tavares agaknya enggan memberi beban berat ke pundak Wiljan Pluim dkk. Capaian fantastis dan euforia luar biasa musim lalu kini menjadi lembar sejarah. Mereka siap menyongsong tantangan baru dan lebih berat.

"Ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kita. Saya berharap di akhir pertandingan besok, saya bisa merasakan bahwa anak asuh saya sudah memberikan yang lebih baik daripada yang musim lalu kita lakukan," tutur juru latih asal Portugal tersebut.

Baca Juga: PSM Makassar Gaet Eks Persela Sandy Ferizal

3. Wiljan Pluim (kanan) mengaku optimis bisa membawa pulang poin penuh dari SUGBK

Jelang Jumpa Persija, Pelatih PSM Sebut Tim Lawan Lebih DifavoritkanDua pemain PSM Makassar, Kike Linares (kiri) dan Wiljan Pluim (kanan), dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada Selasa 27 Juni 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Sementara itu, sang kapten tim yakni Wiljan Pluim mengaku sudah tak sabar menjalani pertandingan kontra Macan Kemayoran. Terlebih tim asuhan Thomas Doll tersebut finis sebagai runner-up di bawah PSM musim lepas. Tapi, ia mengaku optimis bisa memetik hasil positif.

"Saya melihat ini akan menjadi pertandingan besar, dan stadion akan penuh. Tentu saja kita akan memberikan segalanya," kata Pluim di kesempatan yang sama.

"Saya sudah lama bemain di Liga Indonesia, dan untuk kali pertama saya berharap bahwa kita akan pulang dari sini dengan poin penuh," imbuh pemilik nomor punggung 88 tersebut.

Baca Juga: PSM Makassar Musim 2023-24: Bukan Lagi Sekadar Tim Penggembira

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya