Comscore Tracker

Liga 1 Dilanjutkan 5 Desember, Skuad PSM Sudah di Yogyakarta

Belum ada konfirmasi terkait jadwal dari pihak Juku Eja

Makassar, IDN Times - Sempat mundur dari rencana awal, PSSI memastikan Liga 1 2022-23 dilanjutkan mulai Senin pekan depan, 5 Desember 2022. Keputusan itu diumumkan via situs resmi PSSI, Sabtu pagi (3/12/2022).

"Lanjutan kompetisi BRI Liga 1 akhirnya kembali bergulir setelah Mabes Polri mengeluarkan izin keramaian tentang Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga," demikian pernyataan tertulis yang diterbitkan PSSI.

Baca Juga: Pelatih PSM Sebut Liga 1 Format Bubble Bisa Rugikan Timnya

1. Skuad PSM Makassar sudah berada di Yogyakarta sejak Jumat malam

Liga 1 Dilanjutkan 5 Desember, Skuad PSM Sudah di YogyakartaPesepak bola PSM Makassar Yakob Sayuri (kanan) berusaha merebut bola dari pesepak bola Persikabo 1973 Roni Sugeng Arianto (kiri) dalam pertandingan Piala Presiden 2022 Grup D di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Rabu (15/6/2022). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/rwa.

Skuad PSM Makassar sendiri sudah tiba di DI Yogyakarta sejak Jumat malam (2/11/2022). Mereka akhirnya mendapat kepastian kompetisi setelah berlatih selama dua bulan dan cuma lakoni sekali uji coba.

HIngga artikel ini ditulis, IDN Times belum mendapat konfirmasi dari PSM terkait jadwal pertandingan. Tapi, informasi yang beredar menyebut bahwa Wiljan Pluim dkk akan lakoni laga kontra Persikabo 1973 pada Senin mendatang (5/11/2022). Duel kontra Laskar Padjadjaran berlangsung di Stadion Sultan Agung Bantul pukul 18.30 WIB.

2. Jadwal sempat mundur lantaran Polri melakukan peninjauan stadion

Liga 1 Dilanjutkan 5 Desember, Skuad PSM Sudah di YogyakartaIlustrasi Stadion di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Awalnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi akan melanjutkan Liga 1 pada 2 Desember lalu. Tapi harus ditunda lantaran Polri harus meninjau lebih dulu sistem manajemen pengamanan di lima stadion yang akan digunakan.

Kelima stadion itu tersebar di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Yakni Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Moch. Soebroto (Magelang), Stadion Sultan Agung (Bantul) serta Stadion Maguwoharjo (Sleman).

Format bubble (sentralisasi) tanpa penonton dilakukan hanya hingga putaran pertama selesai. Home-away baru kembali berlaku pada putaran kedua.

3. Pelatih PSM, Bernardo Tavares, menyebut format bubble berpotensi rugikan timnya

Liga 1 Dilanjutkan 5 Desember, Skuad PSM Sudah di YogyakartaPelatih kepala PSM Makassar Bernardo Tavares saat memimpin sesi latihan di Lapangan Bosowa Sport Center, Kamis 12 Mei 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, mengaku senang kompetisi dilanjutkan. Tapi, ia khawatir timnya akan mendapat sejumlah kerugian jika bermain jauh dari homebase. Salah satunya kehilangan poin krusial yang harusnya bisa dipetik, mengancam upaya mereka bertahan di papan atas.

"Dari enam laga tersisa (di putaran pertama, red.), ada empat pertandingan kandang yang harusnya kita mainkan di Parepare. Ini patut disayangkan memang. Dan jadinya tentu saja tidak bagus untuk kita," ujarnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga: PSM Belum Terima Jadwal Resmi Lanjutan Liga 1

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya