PSM Vs Dewa United, Menunggu Gol dari Juru Gedor Juku Eja

Tiga striker yang bermain belum mencetak gol sejak pramusim

Makassar, IDN Times - Setelah meraih hasil imbang di kandang Persija Jakarta pada pekan pertama BRI Liga 1 2023-24, PSM Makassar kini mengincar poin penuh kala menjamu Dewa United pada Sabtu sore (8/7/2023). Tapi, laga yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare ini dipastikan tak berjalan mudah.

Dewa United jadi salah satu dari sedikit tim yang berhasil meraih kemenangan di partai perdana. Mereka menekuk Arema FC dengan skor 1-0, dengan gol semata wayang datang dari striker anyar yakni Alex Martins.

Kubu tuan rumah masih menunggu para juru gedor mencetak gol perdana. Jika dihitung dengan tiga laga pramusim, belum ada satupun striker milik Juku Eja yang bisa membuka keran gol. Harapan digantungkan pada Everton, Adilson dan Andi Harjito.

Baca Juga: PSM dan Persija Kompak Kirim Pesan Anti-Rasisme ke Suporter

1. Pelatih PSM menekankan fokus saat menguasai bola dan diserang tim lawan

PSM Vs Dewa United, Menunggu Gol dari Juru Gedor Juku EjaPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat memimpin sesi latihan resmi di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada Jumat 7 Juli 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, mengatakan Dewa United adalah tim bagus dan cukup aktif di bursa transfer. Pembelian mereka pun disebut tak main-main. Ada Sonny Stevens eks kiper Timnas U-20 Belanda, gelandang Dimitris Kolovos yang sempat bermain di Timnas Yunani senior, serta bek andalan Juku Eja musim lalu yaitu Agung Mannan.

Meski begitu, coach Tavares sama sekali tidak menyinggung tentang potensi menurunkan seluruh pemain asing atau performa striker. Ia cuma menekankan pentingnya tetap fokus di sepanjang pertandingan, dalam situasi apapun.

"Pertandingan ini jelas akan berjalan sulit. Jadi sangat penting bagi para pemain saya untuk tampil bagus saat menguasai bola ataupun tidak. Saya juga berharap dukungan penuh dari para suporter," ungkap pelatih berpaspor Portugal itu dalam sesi jumpa pers pada Jumat sore (7/7/2023).

2. Dewa United menyebut laga melawan sang juara bertahan akan berjalan sulit

PSM Vs Dewa United, Menunggu Gol dari Juru Gedor Juku EjaPara pemain Dewa United saat merayakan gol ke gawang Arema FC dalam laga pekan pertama BRI Liga 1 2023-24 yang berlangsung di Indomilk Arena Tangerang, Minggu 2 Juli 2023. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Juru taktik Dewa United, Jan Olde Riekerink, sadar betapa berat tantangan di Parepare. Terlebih PSM belum pernah kalah saat berlaga di arena berkapasitas 8 ribu orang tersebut. Belum lagi status tim tuan rumah sebagai juara bertahan Liga 1. Tapi, ia yakin anak asuhnya bisa berbicara banyak berkat perubahan tim besar-besaran.

"Saya pikir tim kami sekarang sudah banyak berubah dari musim lalu. Tentunya saya berharap kami bisa mendapat hasil bagus dan membuat tim ini semakin berkembang. Laga ini adalah tantangan berat untuk kami," papar pelatih asal Belanda tersebut dalam kesempatan terpisah.

Di sisi lain, Jan Olde masih menunggu lampu hijau untuk menurunkan winger Egy Maulana. Meski sempat cedera, ia terlihat mengikuti sesi latihan resmi pada Jumat sore kemarin (7/7/2023).

3. Juku Eja tak pernah kalah dalam dua pertemuan terakhir melawan Tangsel Warriors

PSM Vs Dewa United, Menunggu Gol dari Juru Gedor Juku EjaSalah satu momen pertandingan pekan ke-27 BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus Dewa United yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, 1 Maret 2023. (Instagram.com/dewaunitedfc)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Kike Linares; Yakob Sayuri, Akbar Tanjung, Wiljan Pluim, Kenzo Nambu, Yance Sayuri; Adilson da Silva, Everton Nascimento

Dewa United (4-2-3-1)

Sonny Stevens (GK); Ady Setiawan, Risto Mitrevski, Agung Mannan, Nasir; Theo Fillo Numberi, Dimitris Kolovos; Egy Maulana Fikri, Majed Osman, Ahmad Nufiandani; Alex Martins

Catatan dua pertemuan terakhir :

01/03/2023 PSM 2-0 Dewa United (Liga 1)

15/09/2022 Dewa United 1-1 PSM (Liga 1)

Sanggupkah Wiljan Pluim dkk memetik kemenangan pertama? Saksikan duel PSM Makassar versus Dewa United pada Sabtu sore ini (8/7/2023) pukul 16.00 WITA.

Baca Juga: PSM Pakai Trik Mengulur Waktu, Thomas Doll Uring-uringan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya