Resmi! Gunansar Mandowen dan Dhanu Syahputra Jadi Pemain Baru PSM

Jadi tambahan amunisi di lini depan dan belakang

Makassar, IDN Times - PSM Makassar akhirnya mengumumkan pemain rekrutan mereka di bursa transfer tengah musim BRI Liga 1 2022-23. Melalui pernyataan tertulis yang diterima IDN Times pada Jumat sore (27/1/2023), winger Gunansar Mandowen serta bek kiri Dhanu Syahputra resmi berseragam merah marun.

Lama kontrak keduanya juga berbeda. Gunansar akan menjadi bagian dari Pasukan Ramang selama 1,5 tahun. Adapun Dhanu hanya sampai kompetisi 2022-23 selesai, alias setengah musim.

1. Gunansar Mandowen (kiri) jadi andalan Persipura sebelum Liga 2 dihentikan

Resmi! Gunansar Mandowen dan Dhanu Syahputra Jadi Pemain Baru PSMGelandang PSM Marc Klok (kanan) berusaha menahan laju penyerang Persipura yakni Gunansar Mandowen (kiri) dalam lanjutan Grup C Piala Presiden 2019 di Stadion Moch. Soebroto Magelang pada Minggu (10/3/2019) sore. (PSSI.org)

Gunansar Mandowen didatangkan dari sesama tim Indonesia Timur, yakni Persipura Jayapura. Sayap kanan kelahiran Sarmi, Papua, tersebut adalah didikan tim junior Mutiara Hitam sebelum promosi ke tim utama pada musim 2018. Empat tahun berseragam merah hitam, ini jadi kali pertamanya merantau keluar dari kampung halaman.

Penggawa Timnas U-21 ini dikenal sebagai winger dengan skill individu mumpuni, serta punya insting mencetak gol. Sebelum Liga 2 2022-23 dihentikan, Gunansar sudah menciptakan 3 gol dan 1 asis dalam 6 pertandingan bersama Persipura.

2. Dhanu Syahputra sempat dua kali jalani trial bersama PSM musim ini

Resmi! Gunansar Mandowen dan Dhanu Syahputra Jadi Pemain Baru PSMBek kiri Dhanu Syahputra saat tampil bersama PSKC Cimahi pada gelaran Liga 2 2022-23. (Instagram.com/pskc_cimahi)

Dhanu Syahputra juga berasal dari kontestan Wilayah Barat Liga 2 yakni PSKC Cimahi. Bek kelahiran Malang, 13 November 1998, ini menjadi salah satu andalan Laskar Sangkuriang di sektor belakang. Dhanu menjadi starter di empat pertandingan dan dua kali turun sebagai pemain pengganti.

Pemain jebolan program Milan Junior Camp (MJC) 2011 itu bisa dipasang sebagai bek kanan, winger kanan, sayap kiri, bek tengah dan bahkan menjadi gelandang. Pelatih PSKC, Joko Susilo, bahkan mencoba Dhanu di empat pos berbeda sepanjang helatan Liga 2 lalu.

3. Bernardo Tavares sempat dikritik lantaran pasif di bursa transfer tengah musim

Resmi! Gunansar Mandowen dan Dhanu Syahputra Jadi Pemain Baru PSMPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat mengamati permainan anak asuhnya di laga pembuka Grup D Piala Presiden 2022 konta Arema FC di Stadion Kanjuruhan Kab. Malang, 11 Juni 2022. (PialaPresiden.id)

Dhanu sendiri sudah jalani trial pada 5-7 Januari lalu. Ini adalah kali keduanya mencoba peruntungan di Makassar. Sebelumnya, ia sempat jalani seleksi di Lapangan Bosowa Sport Center (BSC) sebelum musim 2022-23 bergulir. Tapi, performa Dhanu saat itu belum mengesankan di mata Bernardo Tavares.

Sebelumnya, Tavares disoroti lantaran pasif di bursa transfer. "Kalau ditanya, saya sudah sangat senang dengan materi pemain yang saya miliki sekarang," ujar Tavares dalam sesi jumpa pers selepas laga kontra Persija di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Rabu lalu (25/1/2023).

Baca Juga: PSM Pasif di Bursa Transfer, Ini Jawaban Bernardo Tavares

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya