Play-Off AFC Cup, Pelatih PSM Minta Dukungan Seluruh Suporter

Juku Eja akan menjamu Yangon United pada Rabu mendatang

Makassar, IDN Times - Usai menelan hasil negatif kontra Persebaya Surabaya, PSM Makassar langsung mengalihkan fokus ke laga play off AFC Cup 2023-24. Alih-alih kembali ke Makassar, mereka langsung terbang ke Denpasar pada Sabtu kemarin (19/8/2023) untuk menggeber persiapan.

Jelang laga krusial tersebut, sang pelatih kepala yakni Bernardo Tavares mengirim pesan khusus kepada para suporter. Ia berharap bisa mendapat dukungan langsung meski Bali dan Makassar terpisah lautan.

1. Bernardo Tavares mengharapkan dukungan para suporter saat menjamu Yangon United

Play-Off AFC Cup, Pelatih PSM Minta Dukungan Seluruh SuporterPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

"Saya ingin menyampaikan kepada pendukung kami untuk datang dan memberikan dukungan kepada kami di pertandingan selanjutnya di Bali," ujarnya dalam sesi jumpa pers selepas pertandingan kontra Persebaya rampung, Jumat lalu (18/8/2023).

"Saya tahu mungkin ini jarak yang jauh bagi suporter PSM Makassar, walaupun kami tahu ada juga kelompok suporter kami yang berada di Bali," imbuh pelatih asal Portugal tersebut. Juku Eja sendiri berstatus tuan rumah saat bertemu runner-up Myanmar National League 2022 tersebut.

2. Selain penting untuk Juku Eja, duel ini akan berpengaruh pada peringkat kompetisi Indonesia di ranking AFC

Play-Off AFC Cup, Pelatih PSM Minta Dukungan Seluruh SuporterSalah satu momen laga semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2022 antara PSM Makassar kontra Kedah Darul Aman FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa 9 Agustus 2022. (the-afc.com)

Lebih jauh, Tavares tak hanya meminta dukungan dari suporter PSM Makassar. Lantaran arti krusial laga play-off ini untuk peringkat kompetisi Indonesia di sistem ranking AFC, ia berharap hal serupa dari para pendukung seluruh klub Tanah Air.

"Ajakan ini bukan hanya untuk suporter PSM Makassar, tapi juga suporter seluruh Indonesia untuk mendukung kita yang akan berlaga di AFC Cup. Ini juga penting untuk mengangkat ranking kompetisi Indonesia," imbuh pemegang lisensi UEFA Pro.

Baca Juga: Komdis PSSI Jatuhkan Sanksi Tambahan ke Pemain dan Pelatih Kiper PSM

3. Pasukan Ramang sedang membidik keikutsertaan pentas Asia yang ke-10 kali

Play-Off AFC Cup, Pelatih PSM Minta Dukungan Seluruh SuporterYakob Sayuri (kiri), Rizky Eka Pratama (tengah) dan Muhammad Dzaky Asraf (kanan) merayakan gol yang dicetak ke gawang Tampines Rovers dalam laga Grup H AFC Cup 2022 yang berlangsung di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (Dok. the-afc.com)

Laga yang memperebutkan satu tiket ke fase penyisihan grup AFC Cup 2023-24 melawan berlangsung pada Rabu mendatang (23/8/2023), di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar. Yangon United sendiri melaju ke fase play-off setelah menekuk wakil Brunei Darussalam, DPMM FC, dengan skor 2-1 di preliminary round pada Kamis pekan lalu (16/8/2023).

Pasukan Ramang sendiri sedang membidik keikutsertaan yang ke-10 kali di ajang antarklub benua. Terakhir kali mereka tampil di AFC Cup yakni pada edisi 2022 kemarin, dan bisa melaju hingga babak final Zona ASEAN.

Baca Juga: PSM Makassar Kena Come Back Bali United, Juku Eja Kalah 3-2

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya