Comscore Tracker

Liga Terancam Molor, PSM Isyaratkan Setop Sementara Latihan Pemain

Manajemen menunggu kepastian dari PSSI dan PT LIB

Makassar, IDN Times - Seiring wacana PPKM yang diperpanjang hingga enam pekan, Liga 1 pun terancam kembali molor. PT Liga Indonesia Baru (LIB) sendiri memproyeksikan kompetisi dihelat pada akhir Agustus. Tapi, jadwal alternatif pun telah mereka siapkan.

Menyoal potensi tersebut, Direktur PSM Makassar Munafri Arifuddin mengaku pihaknya menunggu instruksi lebih lanjut dari PSSI. Kendati masih berpatokan pada rencana kick-off pekan ketiga bulan depan, ia telah menyiapkan rencana andai penundaan diperpanjang.

"Karena kalau PPKM-nya ditambah, ya otomatis waktu persiapan teman-teman yang ada di Jawa pasti molor, kan?" ungkap Appi', sapaan akrabnya, dalam keterangan pers yang diterima IDN Times pada Kamis malam (15/7/2021).

1. Munafri angkat bicara jika PPKM Jawa-Bali berlangsung lebih lama

Liga Terancam Molor, PSM Isyaratkan Setop Sementara Latihan PemainCEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, saat memantau sesi latihan Wiljan Pluim dkk di Lapangan Bosowa Sport Center pada Kamis 17 Juni 2021. (Instagram.com/appi_mika)

Dengan PPKM Darurat Jawa-Bali selesai pada 20 Juli, Appi' menjelaskan bahwa masa pemulihan seluruh tim yang bermarkas di dua pulau tersebut akan memakan waktu sekitar satu bulan.

"Ini saja PPKM bisa selesai tanggal 20, artinya mereka mengambil tanggal 20, sebulan setelah tanggal 20 baru bisa karena recovery-nya sebulan. Artinya kita akan mulai tanggal 20 bulan Agustus atau dua hari setelah tanggal 20 itu," jelasnya sembari merujuk pada jadwal awal dari PT LIB.

"Nah kalau ini ditambah dua minggu, artinya bakal molor lagi. Sehingga kita akan lihat seperti apa perkembangannya, karena kalau tidak ada kepastian kapan liga akan mulai, kita juga tidak tahu (rencana selanjutnya)," lanjut Appi'.

2. Seluruh pemain diizinkan pulang untuk merayakan Idul Adha

Liga Terancam Molor, PSM Isyaratkan Setop Sementara Latihan PemainPesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim (depan) menjalani latihan di Lapangan Bosowa Sport Centre, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (14/6/2021). Tim PSM Makassar mulai menjalani latihan jelang kompetisi Liga 1 pascakeluarnya izin pelaksaan Liga 1 dan Liga 2 yang akan berlangsung pada Juli 2021. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Berbicara tentang potensi jeda lebih lama, Appi' sudah menyiapkan beberapa opsi. Ia mengizinkan para penggawa Juku Eja kembali ke keluarga masing-masing untuk merayakan Idul Adha yang jatuh pada Selasa pekan depan (20/7/2021).

Ia rupanya enggan melanjutkan program latihan di saat jadwal Liga 1 2021/22 belum temui titik terang.

"Masa kita mau latihan terus setiap hari? Lebih baik kita menunggu sembari, teman-teman (pemain) yang mau balik ke kampungnya untuk merayakan Iduladha, ya silakan saja dulu. Nanti kita akan panggil saat benar-benar ada konfirmasi liga itu sudah ada kepastian," papar Appi'.

Baca Juga: Profil dan Rekam Jejak Milomir Seslija, Pelatih Baru PSM Makassar

3. Masa persiapan Juku Eja sendiri sudah memasuki pekan keenam

Liga Terancam Molor, PSM Isyaratkan Setop Sementara Latihan PemainPelatih PSM Makassar Milomir Seslija saat memimpin latihan tim di Bosowa Sport Center pada Kamis 8 Juli 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Selain itu, ada pula opsi meliburkan seluruh pemain. Ini dilandasi pertimbangan bahwa pemain bisa saja tertular COVID-19, dan berimbas pada terganggunya program latihan yang berlangsung sejak awal Juni lalu.

"Ada opsi kita liburkan dulu. Jaga kondisi masing-masing. Yang kita khawatirkan, jangan sampai kita berhenti melakukan proses latihan ini karena ada yang terkonfirmasi positif," pungkas Appi'.

Selama enam pekan persiapan, PSM telah mendatangkan sejumlah pemain baru. Ada Anco Jansen, Frisca Womsiwor dan Ilham Udin Armaiyn. Mereka telah lakoni tiga kali uji coba melawan klub lokal, termasuk mendatangkan Milomir Seslija sebagai pelatih baru.

Baca Juga: Pimpin Uji Coba, Milo Sebut PSM Makassar Belum Kompak

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya