Everton Nascimento Tetap Menari Samba untuk PSM Musim Depan

Sepakati perpanjangan kontrak berdurasi satu tahun

Makassar, IDN Times - PSM Makassar kembali mengumumkan satu pemain asing yang akan tetap berkostum merah marun pada musim 2023-24. Ia adalah Everton Nascimento, penyerang berpaspor Brasil yang menjadi salah satu juru gedor.

Dalam keterangan pers yang diterima IDN Times pada Minggu sore (21/5/2023), Everton mendapat perpanjangan kontrak satu musim. Ini berarti, striker kelahiran Kota Maceió tersebut masih bersama Pasukan Ramang hingga Mei 2024.

1. Everton sempat dianggap lambat panas, sebelum menemukan performa terbaiknya

Everton Nascimento Tetap Menari Samba untuk PSM Musim DepanPesepak bola PSM Makassar Everton Nascimento (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Persik Kediri Fandry Imbiri (kanan) dalam laga lanjutan Grup D Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (19/6/2022). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/nym.

Pemilik nama lengkap Everton Nascimento de Mendonça tersebut direkrut dengan status bebas transfer dari klub Bahrain, Al-Hidd, pada Mei 2022. Selama setengah musim bersama klub berjuluk Tsunami tersebut, ia catatkan 17 penampilan dan mencetak 4 gol.

Pada bulan-bulan pertama di PSM, Everton sempat dianggap lambat panas. Dari delapan laga yang ia mainkan di AFC Cup dan ajang pramusim Piala Presiden 2022, cuma ada dua gol berhasil disarangkan ke jarang lawan. Tapi, ini jadi proses awalnya beradaptasi dalam skema Bernardo Tavares sebagai pemantul bola.

2. Di musim pertamanya bersama PSM, Everton menyumbang total 10 gol dan 3 asis

Everton Nascimento Tetap Menari Samba untuk PSM Musim DepanStriker PSM Makassar, Everton Nascimento, dalam sebuah sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada Oktober 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Everton baru menggila di ajang Liga 1 2022-23. Bermain dalam 29 pertandingan (2.129 menit), 8 gol serta 3 asis berhasil ia ciptakan. Selain itu, pemilik nomor punggung 10 tersebut dikenal kerap melakukan selebrasi tarian Samba setiap mencetak gol. Ia juga menjadi O Brasileiro yang jasanya awet digunakan PSM selama satu musim.

Jebolan tim junior Sport Recife tersebut dikenal bisa mencetak gol krusial, punya kemampuan menjaga bola yang mumpuni, serta lihai mencari celah atau kesalahan pemain belakang lawan.

Baca Juga: Sambutan Suporter PSM di Medsos Bikin Everton Nascimento Terkejut

3. Everton jadi pemain asing ketiga yang jasanya diamankan Juku Eja untuk musim depan

Everton Nascimento Tetap Menari Samba untuk PSM Musim DepanPesepak bola PSM Makassar Everton Nascimento melakukan selebrasi di depan suporter usai mencetak gol ke gawang Persis Solo pada laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Minggu 5 Maret 2023. ANTARA FOTO/Erick Didu/ABHE/YU

Selebrasi Samba-nya kian meriah setelah mengantar Pasukan Ramang ke podium juara Liga 1 2022-23. Ini jadi trofi mayor pertama pemain 29 tahun tersebut setelah memulai karier sebagai pesepak bola profesional pada tahun 2014.

Dengan ini, PSM sudah mengamankan jasa tiga pemain asing. Sebelumnya sudah ada Wiljan Pluim (hingga tahun 2025) serta Kenzo Nambu untuk satu tahun ke depan. Tapi, mereka masih butuh tanda tangan kontrak tiga tenaga impor lagi untuk memenuhi kuota 5+1 yang diberlakukan untuk Liga 1 musim depan.

Baca Juga: Pelatih PSM Puji Performa Everton Nascimento meski Belum Cetak Gol

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya