Comscore Tracker

AFC Cup: PSM vs Kedah FC, Siapa Dapat Tiket Final?

Juku Eja dibayangi kelelahan, Sang Kenari sedang menurun

Makassar, IDN Times - Empat tim berebut dua tiket fase gugur AFC Cup 2022 pada babak semifinal Zona ASEAN. Duel PSM Makassar melawan Kedah Darul Aman (Malaysia) pada Selasa malam (9/8/2022) jadi pembuka fase krusial tersebut.

Berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, kedua kubu sama-sama punya tradisi di kancah Asia. Tapi yang jadi pembeda adalah Kedah sudah pernah menembus babak 16 besar pada edisi 2009. Sementara itu PSM baru pertama kali berpartisipasi di AFC Cup di musim 2019, dengan prestasi terbaik sejauh ini adalah babak semifinal Zona ASEAN.

Kedua tim tentu bakal habis-habisan di lapangan agar bisa melaju lebih jauh. Setiap kemenangan pun akan berharga untuk peringkat kompetisi masing-masing negara di ranking AFC.

Baca Juga: PSM Makassar Vs Kedah Darul Aman di AFC Cup, Juku Eja Bawa Ambisi Kuat

1. PSM siap turunkan seluruh pemain andalan dalam laga ini

AFC Cup: PSM vs Kedah FC, Siapa Dapat Tiket Final?Salah satu momen pertandingan Grup H AFC Cup 2022 antara PSM Makassar versus Kuala Lumpur City FC di Kuala Lumpur Stadium pada Jumat 24 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Berbicara dalam sesi jumpa pers pada Senin kemarin (8/8/2022), pelatih kepala PSM Bernardo Tavares siratkan rasa percaya diri. Mereka bertanding di Gianyar yang notabene mudah dijangkau oleh suporter. Tapi, bukan berarti kemenangan akan direngkuh dengan mudah. Ada masalah kelelahan yang membayangi.

"Saya berpikir besok (hari ini, red.) akan berlangsung seru dan sengit, serta keras untuk PSM. Tim lawan mendapat beberapa hari tambahan untuk beristirahat, ketimbang PSM yang baru bermain Jumat lalu," ungkapnya.

"Semoga ini tak memberi perbedaan besar bagi fisik pemain, apalagi kita berkompetisi di Liga 1 dan AFC Cup. Tapi para pemain punya ambisi yang kuat untuk mendapat hasil yang baik," sambung juru latih asal Portugal tersebut.

Catatan PSM dalam kompetisi domestik pun lebih baik. Mereka sedang bertengger di peringkat tiga klasemen sementara, dan belum pernah kalah dalam tiga partai terakhir atau sejak musim 2022-23 dimulai.

Mereka pun bertolak ke Pulau Dewata dengan para pilar utama. Mulai dari kiper Reza Arya, bek tengah Yuran Fernandes, playmaker Wiljan Pluim hingga striker Everton Nascimento. Kenzo Nambu juga berpeluang turun sejak menit pertama, setelah membuka keran golnya pada pertandingan terakhir.

2. Kedah dibayangi tren negatif dan berangkat tanpa salah satu pemain andalan

AFC Cup: PSM vs Kedah FC, Siapa Dapat Tiket Final?Para pemain Kedah Darul Aman FC sedang berpose jelang laga Liga Super Malaysia versus Kuala Lumpur City FC di Stadion Kuala Lumpur Cheras, 27 Juli 2022. (Instagram.com/kedahdarulamanfc)

Dalam kesempatan terpisah, Aidil Sharin selaku juru taktik Kedah menyebut persiapan mereka berjalan lancar. Mereka sudah berada di Denpasar sejak Jumat pekan lalu (5/8/2022) untuk melakukan persiapan. Jeda waktu lebih banyak pun dimanfaatkan untuk menganalisis permainan PSM kala bersua Persija.

"Para pemain mereka sangat berpengalaman, dan mereka tidak hanya memiliki satu atau dua pemain yang bagus. Mereka adalah tim yang sangat kompak dan kuat sebagai satu kesatuan. Kami juga harus mewaspadai serangan balik dan bola mati mereka," papar sosok asal Singapura tersebut.

"Kami tentu punya rencana untuk besok, tetapi tentu saja kami tidak akan mengungkapkannya di sini. Kami akan mencoba menyelesaikannya dalam 90 menit, ini adalah laga hidup mati untuk tiket ke final (ASEAN). Kami harus mengambil keuntungan, apalagi PSM baru bertanding lawan Persija beberapa hari yang lalu, jadi saya rasa mereka akan sedikit kelelahan," sambungnya.

Di sisi lain, Sang Kenari sedang babak belur di pentas Liga Super Malaysia. Mereka cuma meraih satu kemenangan dalam empat pertandingan terakhir. Tren negatif membuat mereka belum beranjak dari papan tengah klasemen sementara.

Mereka pun tak bisa menurunkan susunan terbaik untuk partai kontra PSM. Penyerang Mahmoud Al-Mardi, duet mesin gol Ronald Ngah di lini depan, harus kembali ke Yordania untuk menengok sang ayah yang sedang sakit keras. Coach Aidil pun sibuk memutar otak agar Ronald tetap tajam.

3. Duel dua tim dengan tradisi Asia di Gianyar akan berlangsung sengit

AFC Cup: PSM vs Kedah FC, Siapa Dapat Tiket Final?Salah satu momen pertandingan babak penyisihan Grup G AFC Cup 2022 antara Kedah Darul Aman FC versus Visakha FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Kamis 30 Juni 2022. (the-afc.com)

Berikut prakiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Dallen Doke, Yuran Fernandes, Agung Mannan; Yakob Sayuri, Muhammad Arfan, Rasyid Bakri, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu; Wiljan Pluim, Everton Nascimento

Kedah Darul Aman FC (4-4-2)

Ifwat Akmal (GK); Akmal Zahir, Rodney Celvin, Heshamuddin Ahmad, Ariff Farhan; Sanrawat Dechmitr, Khairu Azrin Khazali, Syazwan Zainon, Fayadh Zulkifli; Ronald Ngah, Azamuddin Akil

Lima pertandingan terakhir PSM Makassar :

05/08/2022 PSM 1-1 Persija (Liga 1)

29/07/2022 PSM 2-0 Bali United (Liga 1)

23/07/2022 PSS 1-2 PSM (Liga 1)

03/07/2022 Borneo FC 2-1 PSM (Piala Presiden)

27/06/2022 Tampines Rovers 1-3 PSM (AFC Cup)

Lima pertandingan terakhir Kedah Darul Aman FC :

01/08/2022 Sri Pahang 2-0 Kedah (Liga Super)

27/07/2022 Kuala Lumpur City FC 2-1 Kedah (Liga Super)

19/07/2022 Kedah 3-1 Serawak FC (Liga Super)

15/07/2022 Terengganu FC 2-1 Kedah (Liga Super)

06/07/2022 Terengganu FC 1-0 Kedah (Piala FA)

Siapa berhak atas tiket ke babak final Zona ASEAN AFC Cup 2022? Saksikan duel PSM Makassar versus Kedah Darul Aman pada Selasa malam (9/8/2022) pukul 19.00 WITA.

Baca Juga: AFC Cup: Bedah Kekuatan Kedah FC, Lawan PSM di Semifinal Zona ASEAN

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya