Comscore Tracker

PON Papua: Tim Basket Putri Sulsel Terhenti di Semi Final

Sulsel sempat memimpin namun Bali bangkit di kuarter ketiga

Makassar, IDN Times - Langkah tim baket putri 5x5 Sulawesi Selatan terhenti di semi final Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Berstatus tim "kuda hitam", Sulsel kalah dari Bali dengan skor 41-53.

Pada pertandingan yang digelar di GOR Basket Mimika Sport Complex, Kabupaten Mimika, Kamis siang (7/10/2021), kedua tim saling berkejaran angka awal kuarter pertama. Sulsel berhasil menutupnya dengan unggul 15-6.

Baca Juga: Kejutan, Tim Basket Sulsel Kalahkan DKI Jakarta

1. Sulsel sempat memimpin di kuarter pertama dan kedua

PON Papua: Tim Basket Putri Sulsel Terhenti di Semi FinalPebasket tim Sulawesi Selatan, Sabrina Ayu Risantia (tengah), berusaha melewati adangan pebasket Bali yakni Dewa Ayu Kusuma (kiri) dalam laga semifinal cabor basket 5x5 PON XX 2021 Papua yang berlangsung di GOR Basket Mimika Sport Complex, Kabupaten Mimika, Kamis 7 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Ady Sosetya)

Masuk kuarter kedua, Sulsel yang diasuh pelatih Eddy Winarso itu tetap dominan. Mereka bahkan sempat unggul delapan angka, yakni 21-14. Tapi, Bali berhasil memperkecil jarak di akhir kuarter dengan skor 26-21.

Di kuarter ketiga, justru Bali yang tampil dominan. Selain memburu poin, berkali-kali Mita Istinawati dkk memotong upaya tim Sulsel menambah angka. Menginjak pertengahan kuarter, 26 poin untuk Sulsel tak berubah, justru Bali yang sukses membalikkan keadaan jadi 26-27.

Kuarter ketiga sendiri berakhir dengan skor 33-37 untuk keunggulan Bali. Upaya tembakan tiga poin dari pemain Sulsel, Sabrina Ayu Risantia, sekaligus memperkecil jarak jelang turun minum berbuah nihil.

2. Tim Bali berhasil membalikkan keadaan pada kuarter ketiga

PON Papua: Tim Basket Putri Sulsel Terhenti di Semi FinalPebasket tim Sulawesi Selatan, Azizah Abas (tengah), berusaha mengadang pebasket Bali yakni Dewa Ayu Kusuma dalam laga semifinal cabor basket 5x5 PON XX 2021 Papua yang berlangsung di GOR Basket Mimika Sport Complex, Kabupaten Mimika, Kamis 7 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Ady Sosetya)

Masuk kuarter keempat sekaligus terakhir, kedua tim tampil agresif. Tapi beberapa serangan Sulsel bisa dimentahkan. Mereka kian tertinggal di pertengahan babak dengan jarak sembilan angka, yakni 36-45.

Masuk menit-menit akhir, Bali kian teguhkan dominasi. Margin angka dengan tim lawan bahkan bisa kian diperlebar setelah berhasil menambah 14 poin. Saat pertandingan selesai, Bali menang dengan skor 41-53.

Tercatat ada dua pemain Bali yang tampil moncer di laga ini. Mita Isnawati punya catatan terbaik sebab berhasil mencetak 22 poin, 2 rebound dan 1 assist.

Selanjutnya ada Ni Putu Eka Liana Febiananda yang menorehkan 16 poin, 6 rebound serta 2 assist.

3. Sulsel akan berjumpa DKI Jakarta di laga perebutan medali perunggu

PON Papua: Tim Basket Putri Sulsel Terhenti di Semi FinalPebasket tim Sulawesi Selatan, Ummil AMS (kiri), berusaha merebut bola dari pebasket Bali yakni Ni Putu Eka Liana (kanan) dalam laga semifinal cabor basket 5x5 PON XX 2021 Papua yang berlangsung di GOR Basket Mimika Sport Complex, Kabupaten Mimika, Kamis 7 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Ady Sosetya)

Meski kalah, tim basket putri Sulsel masiu berpeluang menyabet medali perunggu. Di laga perebutan tempat ketiga, Siti Fatimah cs sudah ditunggu tim DKI Jakarta yang dibekuk Jawa Timur dengan skor 71-47.

Sulsel dan DKI Jakarta sendiri sudah pernah bersua di partai Pool Y. Saat itu, Sulsel menang 66-56.

Sementara itu di partai final, Bali akan berhadapan dengan Jawa Timur yang juga telah saling jajal di fase penyisihan grup.

Baca Juga: Sulsel Raih Emas Ketiga di PON Papua lewat Renang Artistik

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya