Comscore Tracker

Sulsel Kumpulkan Total Sebelas Medali Emas di PON Papua

Emas terbanyak didapatkan dari cabor andalan, karate

Makassar, IDN Times - Kontingen Sulawesi Selatan harus berpuas dengan capaian sebelas medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Jelang upacara penutupan PON pada Jumat malam, 15 Oktober 2021, Sulsel tidak lagi punya peluang menambah perolehan medali emas.

Capaian itu tidak lebih baik dari hasil PON XIX di Jawa Barat tahun 2016. Saat itu Sulsel mengumpulkan 12 medali emas, ditambah 23 perak dan 28 perunggu.

Baca Juga: Karateka Sulsel Peraih Emas PON: Orang Papua Ramah-ramah

1. Sulsel gagal capai target sepuluh besar

Sulsel Kumpulkan Total Sebelas Medali Emas di PON PapuaAtlet tim karate putra Sulawesi Selatan memperagakan jurus saat bertanding di final Kata Beregu Putra PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Selasa (12/10/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Sehari jelang penutupan, kontingen Sulsel bertengger di peringkat sebelas perolehan medali sementara PON Papua. Sulsel mengumpulkan 11 medali emas, serta masing-masing 13 perak dan perunggu. 

Sulsel gagal mencapai target finis di urutan sepuluh besar. Posisi sepuluh ditempati Lampung, yang mengoleksi 14 medali emas, 10 perak, dan 12 perunggu.

Meski torehan jumlah medali emas Sulsel berkurang dari PON Jabar, namun peringkatnya di klasemen sedikit lebih baik. Sebab pada 2016 Sulsel menempati peringkat 12.

2. Karate menyumbang emas terbanyak untuk Sulsel

Sulsel Kumpulkan Total Sebelas Medali Emas di PON PapuaKarateka putri Sulawesi Selatan Krisda Putri Aprilia memperagakan jurus dalam FInal Karate Nomor Kata Perorangan Putri PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan, Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Senin (11/10/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/

Dari sebelas medali emas yang didapatkan Sulsel, tiga di antaranya atau yang terbanyak berasal dari cabang olahraga karate. Masing-masing disumbangkan Krisda Putri lewat kata perorangan putri; trio Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardhana, dan Albiadi di kata beregu putra; dan trio Nur Rizka Fauziah, Magfirah Syamsul Alam, dan Nadya Baharuddin di kata beregu putri.

Berikutnya, tim sepak takraw menyumbang dua emas. Masing-masing lewat nomor kuadran putra dan kuadran putri. 

Peraih perunggu Olimpiade Tokyo Rahmat Erwin Abdullah turut menyumbang emas bagi Sulsel lewat cabor angkat besi. Lalu medali emas lain didapatkan lewat senam artistik, muaythai, renang artistik, kempo, dan biliar. 

3. Sulsel gagal tambah medali lewat basket 3x3

Sulsel Kumpulkan Total Sebelas Medali Emas di PON PapuaPebasket Jawa Barat Adillah Fathin (biru-28) berusaha menghadang pebasket Sulawesi Selatan Visca Dewi Syamsuri (abu-abu, 7) saat pertandingan babak penyisihan grup basket 3x3 PON XX Papua di Stadion Basket, Mimika Sport Complex, Rabu (13/10/2021). PB PON XX PAPUA/Rommy Pujianto

Sulsel sebenarnya punya peluang menambah koleksi medali lewat cabor basket 3x3. Namun tim putra dan putri sama-sama kalah pada partai perempat final, Kamis siang (14/10/2021).

Sebelumnya kontingen Sulsel juga gagal meraih medali emas lewat sejumlah cabor yang diandalkan. Misalnya sepak bola, tinju, tarung derajat. 

Baca Juga: Selamat! Sulsel Kawinkan Medali Emas Karate di PON Papua

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya