Comscore Tracker

Bulukumba Tuan Rumah Kejuaraan Nasional Menembak

Peserta kejuaraan memperebutkan piala Ketua Umum KONI Sulsel

Makassar, IDN Times - Pengurus Besar (PB) Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Bulukumba mengagendakan kejuaraan nasional menembak pada 20-21 Mei 2022. Ajang itu merupakan rangkaian dari Indonesia International Long Range Grand Prix Shooting ke-2.

Kejuaraan akan digelar di kawasan wisata pantai Mandala Ria, Desa Ara, Kecamatan Bontobahari. Bulukumba jadi satu dari tujuh daerah di Indonesia yang menjadi tuan rumah. Rangkaian event ini digelar di Yogyakarta, Bangka Belitung, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat.

Peserta kejuaraan ini akan memperbutkan Piala Ketua Umum KONI Sulsel. Selain jadi ajang silaturahmi, juga untuk mengukur kemampuan para atlet yang dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulsel ke-17, September mendatang di Bulukumba dan Sinjai.

Kompetisi ini diharapkan sebagai pemantik semangat para penggiat olah raga menembak
sekaligus mengasah dan meningkatkan keterampilan yang dimiliki," kata Sekretaris Umum PB Perbakin Bulukumba Andi Gunawan, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga: Yasir Machmud Tinjau Kesiapan Venue Porprov di Bulukumba

1. Jadi ajang promosi wisata

Bulukumba Tuan Rumah Kejuaraan Nasional MenembakPantai Mandala Ria di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. (bulukumbakab.go.id)

Andi Gunawan mengatakan, kejuaraan menembak Indonesia International Long Range Grand Prix 2022 bakal melanjutkan ajang serupa yang pertama kali digelar tahun lalu. Selain mengasah kemampuan atlet, kejuaraan sekaligus untuk mempromosikan pariwisata daerah.

"Untuk mensukseskan program pemerintah menggalakkan sport tourism. Bulukumba merupakan salah satu dari tujuh daerah wisata yang ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan," ucapnya.

2. Trofi Ketua Umum KONI Sulsel jadi motivasi bagi atlet

Bulukumba Tuan Rumah Kejuaraan Nasional MenembakKetua KONI Sulsel Yasir Machmud. (Dok. KONI Sulsel)

Andi Gunawan menambahkan, trofi Ketua Umum Koni Sulsel bakal jadi motivasi tersendiri bagi para atlet. Karena Ketua H Yasir Machmud dianggap sebagai pemuda yang inovatif, di samping juga memiliki hobi olahraga menembak.

Sementara Ketua Umum Koni Sulsel H Yasir Machmud mengapresiasi agenda kejuaraan tersebut. Apalagi kejuaraan digelar di salah satu kawasan wisata terbaik Sulawesi selatan.

"Kejuaraan ini sangat penting untuk Sulawesi Selatan. Apalagi salah satu kelas cabang
menembak dunia Benchrest WRABF Junior, dijuarai oleh seorang putra asal kota Makassar" katanya.

3. Mempertandingkan lima kategori lomba

Bulukumba Tuan Rumah Kejuaraan Nasional MenembakIlustrasi kejuaraan menembak Perbakin. (Dok. Istimewa)

Pada 7 maret 2022 lalu, Panitia Pelaksana Benny Martapa berkunjung ke Bulukumba. Dia mengatakan tahun ini untuk pertama kalinya rangkaian Indonesia International Long Range Grand Prix digelar di Sulsel.

Aang Grand Prix ini terdiri dari lima kategori lomba. Masing-masing, Grand Prix (Individual), Team (2 Person), Open Class, Senior Class, dan Executive Class. Pesertanya tak cuma dari Indonesia.

“Kita berharap seiring meredanya Covid-19, peserta dari luar negeri bisa mengikuti event ini sekaligus memperkenalkan destinasi wisata di Indonesia,” kata Benny.

Baca Juga: Karateka Andalan Sulsel Krisda Putri Raih Emas di SEAKF 2022

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya