Mal di Makassar Terbakar, Aktivitas Berdagang Dihentikan Sementara 

Api baru padam seutuhnya pada Sabtu siang

Makassar, IDN Times - Kebakaran terjadi di area Mal Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (6/2/2021). Menurut informasi dari kepolisian, kebakaran terjadi pada Sabtu dini hari dan menghanguskan sejumlah unit toko.

"Jadi memang kita berkoordinasi dengan pihak pemadam, setelah sudah ada beberapa titik yang sudah padam. Kami pasangi garis polisi untuk menghindari bahaya," kata Kapolsek Panakkukang Kompol Jamal Faturakhman kepada jurnalis di sela pemadaman, Sabtu siang. 

Baca Juga: Rudenim Selidiki Pengungsi Rohingya Tewas Tergantung di Makassar

1. Diduga api berasal dari salah satu toko elektronik

Mal di Makassar Terbakar, Aktivitas Berdagang Dihentikan Sementara Petugas memantau kondisi pascakebakaran di Mal Panakkukang/Polsek Panakkukang

Jamal bilang, api perlahan baru dapat dipadamkan seutuhnya, setelah petugas pemadam kebakaran bekerja keras selama sebelas jam.

Menurut keterangan sejumlah saksi kepada polisi, api pertama muncul di sebuah salah satu toko lantai satu yang menjual perangkat elektronik. Api kemudian menyebar ke toko lain di sekelilingnya, hingga menjalar ke lantai dua dan tiga.

"Tapi ini pun belum bisa kami pastikan, karena nanti dari tim Labfor dan Inafis yang bisa menentukan dimana awalnya sumber api ini," ujar Jamal. 

2. Aktivitas berdagang di mal dihentikan demi keselamatan

Mal di Makassar Terbakar, Aktivitas Berdagang Dihentikan Sementara Petugas memantau kondisi pascakebakaran di Mal Panakkukang/Polsek Panakkukang

Polisi mendapat laporan bahwa saat peristiwa terjadi, hanya ada tiga orang sekuriti yang berjaga. Setelah melihat api semakin cepat menjalar, salah satu di antaranya langsung melapor ke petugas pemadam kebakaran dan kepolisian.

Polisi masih harus menunggu kepastian api padam sebelum menggelar olah tempat kejadian perkara. Petugas saat ini masih mendinginkan area kebakaran dengan terus menyiramkan air. Polisi juga berkoordinasi dengan pihak pengelola mal untuk menghentikan sementara aktivitas.

"Karena kami khawatir akan berimbas kejadian lain. Memang ada tenant yang tidak terbakar, tapi kami sarankan untuk tidak ada kegiatan terlebih dahulu, sambil menunggu hasil olah TKP, jangan sampai nanti ada reruntuhan atau apa pun," kata Jamal.

3. Seorang petugas damkar terluka saat pemadaman api

Mal di Makassar Terbakar, Aktivitas Berdagang Dihentikan Sementara Petuga Damkar Makassar berupaya memadamkan api dalam kebakaran di Mal Panakkukang/Polsek Panakkukang

Kepala Bidang Opersional Damkar Makassar Hasanuddin menatakan pihaknya menurunkan total 80 personel untuk memadamkan api di Mal Panakkukang. Sebanyak 30 armada dikerahkan pada upaya pemadaman. Api baru bisa betul-betul dipadamkan sekitar pukul 12.30 WITA.

"Sementara masih proses pendinginan," ucapnya.

Satu anggota pemadam terluka di bagian lengan saat berjibaku memadamkan api. Saat ini korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Makassar untuk mendapatkan perawatan medis. Petugas belum mengetahui pasti penyebab utama kebakaran. 

Baca Juga: Polisi: Sebagian Anggota JAD yang Ditangkap di Makassar Anggota FPI

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya