TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pelni Makassar Cuma Jual Tiket Kapal Laut hingga 5 Mei 2021

Semua moda transportasi laut dihentikan 6-17 Mei

Ilustrasi mudik menggunakan kapal (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Makassar, IDN Times - PT Pelni Cabang Kota Makassar akan menyetop penjualan tiket penumpang mulai 5 Mei 2021. Penghentian itu untuk memunuhi aturan pemerintah mengenai larangan mudik yang berlaku 6-17 Mei 2021.

"Makanya kami kepada calon pembeli sudah dikasih tahu, tujuan mana pun tanggal 5 setop semuanya. Kan kita ikut aturan," kata Kepala Pelni Cabang Makassar Capt Ahmad Sadikin kepada jurnalis saat dikonfirmasi, Senin (26/4/2021). 

1. Penumpang yang terlanjur berangkat diturunkan sesuai jadwal penyetopan

IDN Times/Aan Pranata

Sadikitn mengatakan, penumpang yang terlanjur memesan tiket tetap tidak bisa menempuh perjalanan dengan kapal laut di tanggal larangan mudik. Sebab semua angkutan penumpang dihentikan di masa itu.

"Makanya tidak ada perjalanan lagi. Kapal sampai di Makassar, ya setop di Makassar, begitu juga dengan kapal sampai di Papua, ya setop di Papua. Jadi tidak ada perjalanan lagi, penumpang harus turun semuanya," ucap Sadikin. 

2. Pihak travel sudah tahu aturan larangan mudik

Ilustrasi. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Jelang masa larangan mudik, Pelni sudah bersosialisasi melalui para agen atau travel. Pihak agen tidak bisa menjual tiket kapal untuk waktu keberangkatan usai tanggal 5, karena semua sistem terintegrasi secara daring.

"Mereka sudah (tahu) juga, karena itu kan semua sudah tersistem," ungkap Sadikin. 

Sadikin menyebut penjualan tiket saat ini masih berjalan normal. Sejauh ini belum terlihat lonjakan calon penumpang dari Makassar ke daerah lain.

Berita Terkini Lainnya