TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pelajar SMA di Gowa Ditemukan Tewas, Diduga Bunuh Diri

Selama ini mendiang belajar di rumah

Ilustrasi garis polisi. IDN Times/Muhamad Iqbal

Makassar, IDN Times - Seorang pelajar SMA di Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa, ditemukan meninggal di rumahnya, Sabtu, 17 Oktober 2020 lalu. Polisi menyebut pelajar perempuan berinisial SI itu diduga bunuh diri.

Selama ini, SI, 16 tahun, menjalani belajar sekolah dari rumah. Meski bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa, polisi menyebut kejadian yang dialami SI ada hubungannya dengan aktivitas belajar yang selama ini dijalani secara daring.

"Karena stres oleh karena banyaknya beban tugas sekolah yang dirasakan oleh korban," kata Kepala Sub Bagian Humas Polres Gowa AKP M Tambunan, Senin (19/10/2020).

Perlu diketahui bahwa bunuh diri tidak disebabkan faktor tunggal. Melainkan disebabkan oleh faktor-faktor biologis, psikologis, dan sosial yang berinteraksi dengan kompleks dan dinamis di dalam diri setiap orang.

Baca Juga: Kemenkes: 40 Detik Orang Meninggal Dunia karena Bunuh Diri

1. IS sempat merekam video sebelum meninggal

Ilustrasi jenazah (IDN Times/Mia Amalia)

Tambunan mengatakan, polisi mengumpulkan sejumlah bukti terkait kejadian bunuh diri IS. Disebutkan bahwa IS sempat merekam dirinya dengan video sebelum meninggal.

Menurut bukti-bukti, polisi menyebut IS selama ini diduga tertekan karena sulit mengakses jaringan internet di tempat tinggalnya. Itu berpengaruh terhadap proses belajar daring, meski belum bisa dikaitkan sebagai penyebab bunuh diri.

"Stres karena tugas diselesaikan secara online dan sulitnya mendapatkan jaringan untuk mengirim hasil tugas," kata Tambunan.

2. IS ditemukan meninggal dunia oleh keluarganya

Ilustrasi. Garis polisi. IDN Times/Sahrul Ramadan

Tambunan mengatakan, peristiwa ini pertama kali diketahui oleh keluarganya sendiri. IS ditemukan dalam kondisi meninggal dalam kamar oleh adik kandungnya, I (8) sekitar pukul 08.30 WITA.

I yang melihat kakaknya tidak bergerak, memanggil tantenya, DG, 45 tahun. DG kemudian menemui mulut IS mengeluarkan busa.

"Saat kejadian, (dia) ditinggal sendiri di rumah oleh kedua orang tuanya, pergi ke kebun," ucap Tambunan.

Tante korban kemudian memanggil orang tua IS dan tetangga untuk memberikan pertolongan pertama. Tapi IS dinyatakan meninggal sebelum dibawa ke rumah sakit.

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mencegah Orang Lain Bunuh Diri

Berita Terkini Lainnya