TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pasien Omicron Pertama di Sulsel Dirawat di Takalar

Pasien positif COVID-19 dengan komorbid TB dan HIV

ilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Makassar, IDN Times - Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan mengonfirmasi ditemukan kasus pertama COVID-19 varian Omicron di daerahnya. Kasus itu ditemukan pada seorang warga Kabupaten Takalar yang belum lama pulang dari tempatnya bekerja di Maluku.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr Arman Bausat mengatakan, pihaknya memastikan pria itu terpapar varian Omicron usai menerima hasil pemeriksaan dari laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan di Jakarta. Hasil pemeriksaan diterima pada Kamis, 20 Januari 2022.

"Masih di ruang perawatan isolasi di Rumah Sakit Padjonga Dg Ngalle (Takalar), tapi kondisinya alhamdulillah cukup baik pasiennya," kata Arman saat dihubungi IDN Times, Sabtu malam (22/1/2022).

Baca Juga: Kasus COVID-19 Melonjak karena Omicron, Gimana Nasib Ekonomi RI?

1. Pasien punya komorbid TB dan HIV

ilustrasi virus corona (IDN Times/Mardya Shakti)

Arman mengatakan, menurut hasil pemeriksaan medis, pasien diketahui punya penyakit penyerta atau komorbid. Dia diketahui pengidap tuberkulosis (TB) dan HIV.

Petugas sudah memeriksa  tiga anggota keluarga yang pernah kontak erat dengan pasien di dalam rumah. Demikian juga 16 orang tenaga kesehatan RSUD Takalar yang sempat merawat apsien itu.

"Hasilnya alhamdulillah negatif semua," kata Arman.

2. Dinkes tracing riwayat perjalanan pasien

Direktur RSKD Dadi Makassar dr Arman Bausat. IDN Times/Istimewa

Arman mengatakan, Dinkes Takalar terus memantau perkembangan kondisi kesehatan pasien. Di sisi lain, petugas juga menyelidiki lebih lanjut kemungkinan di mana pasien ini terpapar.

"Kita tracing semua, termasuk di wilayahnya pasien ini," ucapnya.

Baca Juga: Luhut Imbau Perkantoran WFH di Tengah Lonjakan Omicron, Pengusaha Mau?

Berita Terkini Lainnya