TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Berlangsung Dramatis, Tim Damkar Maros Evakuasi Sarang Lebah Vespa

Sarang lebah berbahaya itu sebesar ember

Dua Warga Tegal Jadi Korban Sengatan Lebah Vespa Affinis (IDN Times/Haikal Adithya)

Makassar, IDN Times - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Maros melakukan evakuasi sarang lebah jenis vespa di rumah seorang warga di Desa Alatengngae, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros.

Evakuasi dilakukan setelah Dinas Damkar Maros menerima laporan terkait lebah yang dianggap meresahkan warga setempat. "Sudah kita evakuasi," kata Kepala Seksi Operasional Damkar Maros, Sulaiman, Rabu (27/11).

1. Proses evakuasi berlangsung dramatis

Tim Animal Rescue Damkar mengevakuasi sarang lebah vespa di Desa Alatengngae, Kecamatan Bantimurung, Maros, Selasa (26/11) / Istimewa

Proses evakuasi berlangsung pada Selasa (26/11) sekitar pukul 22.30 WITA. Sarang lebah vespa itu disebutkan menempel tepat di atas plafon rumah pasangan suami istri Ibrahim dan Nursia.

Karena dianggap cukup membahayakan dan meresahkan, tim Animal Rescue Damkar memulai proses evakuasi dengan memadamkan pencahayaan di kawasan setempat.

"Supaya memudahkan proses evakuasi dan tawon (lebah) juga tidak berterbangan kemana-mana," ujar Sulaiman.

Warga setempat yang ikut menyaksikan proses evakuasi ikut membantu petugas dengan alat seadanya. Mereka bahkan menyiapkan sejumlah perlengkapan logistik untuk mengurangi beban tenaga petugas yang bekerja. 

Baca Juga: Disengat Ratusan Lebah Vespa Affinis, Nenek di Tegal Meregang Nyawa

2. Sarang lebah vespa sebesar ember dievakuasi dengan metode pembiusan

Tim Animal Rescue Damkar mengevakuasi sarang lebah vespa di Desa Alatengngae, Kecamatan Bantimurung, Maros, Selasa (26/11) / Istimewa

Agar proses evakuasi berlangsung aman petugas berseragam lengkap lalu memanjat atap rumah. Mereka cukup berhati-hati mengingat sengatan lebah ini dianggap membahayakan. Untuk mempermudah dan mempercepat jalannya evakusai, petugas menggunakan metode bius.

Alat berupa tabung itu perlahan disemprotkan ke sarang lebah yang menempel di dinding atap plafon rumah. "Sarang tawon jenis vespa berukuran jumbo, sebesar ember," Sulaiman menambahkan.

Baca Juga: Nenek di Tegal Tewas Gara-gara Disengat Kawanan Lebah Vespa Affinis 

Berita Terkini Lainnya