TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kunjungi Gereja Katedral, Gubernur Sulsel Pastikan Keamanan Natal 2022

Keuskupan Agung Katedral merasa aman jalankan ibadah

Perayaan ibadah misa malam natal 2022 di gereja Katedral Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman memastikan perayaan natal hingga tahun baru 2023 di Sulsel berlangsung aman dan lancar.

Hal tersebut diungkapkan Andi Sudirman saat berada di tengah-tengah jemaat Gereja Katedral Makassar, yang telah menggelar malam Misa Natal, Sabtu malam (24/12/2022).

"Kami hanya ingin datang kesini (Katedral) sebagai perwakilan dari pemerintah pusat di Sulsel, untuk memastikan dan memberi jaminan untuk sistem pengamanan selama pelaksanaan malam natal sampai malam tahun baru," ungkap Gubernur Sudirman.

1. Gubernur minta umat Kristiani tidak terpancing isu miring

Forkopimda Sulsel saat memastikan ibadan misa malam natal 2022 di Gereja Katedral Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Sudirman bersama Forkopimda Sulsel, yaitu Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana, Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen Totok Imam Santoso, Wali Kota Makassar Danny Pomanto, serta unsur terkait diterima langsung Keuskupan Agung Gereja Katedral, Johannes Liku Ada.

Sudirman meminta umat Kristiani untuk menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman, tanpa perlu memikirkan isu-isu miring yang mengganggu keamanan.

"Tidak usah terpancing dengan isu daerah lain, kita sudah mengirimkan tim Densus, dari tim TNI Polri dan semua, dan bahkan intelijen juga sudah ada dari pusat untuk menciptakan rasa nyaman," terangnya.

"Kami tahu ada pemberitaan akhir-akhir ini di wilayah lain, tapi kami tidak mau hal itu terjadi dan kami berikan jaminan di Sulsel untuk aman, dan silakan dilaksanakan ibadah dengan khidmat," lanjut Sudirman.

2. Keuskupan Agung Katedral merasa aman jalankan ibadah

Forkopimda Sulsel saat disambut keuskupan Gereja Katedral Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Keuskupan Agung Katedral Makassar, Liku Ada mengungkapkan rasa aman dan nyaman yang dijaminkan oleh pihak Forkopimda. Liku Ada mengakui, umat yang mengikuti misa malam Natal ini memenuhi gereja.

"Ibadah hari ini gereja penuh dan sesak pak Gub (Gubernur), ada (jemaat) di basement (parkiran), di aula keuskupan. Perkirakan ini jemaat yang ikut ada 1.600-an yang ikut beribadah malam ini," terang Liku Ada.

Di hadapan Forkopimda dan jemaat Gereja Katedral, Liku Ada yang memimpin ibadah misa malam natal itu menyampaikan rasa terima kasihnya dan umat Kristiani Sulsel.

"Dari relung hati yang paling dalam, kami menyampaikan berlimpah terima kasih ke pemerintah dan TNI Polri yang memberi kami rasa aman untuk merayakan natal ini, puji tuhan, ini sekali lagi berlimpah terima kasih karena kemunduran covid ini kami bisa kembali ibadah di gereja," lanjutnya.

Baca Juga: Polrestabes Makassar Siapkan 404 Personel Jaga Gereja saat Natal

Berita Terkini Lainnya