Cerita Kelahiran Bahen, Anoa Kelima Lahir Normal di ABC Manado

Kehamilan Anoa kini bisa dideteksi dini

Manado, IDNTimes – Kelahiran Anoa kelima di Anoa Breeding Center, Manado, Sulawesi Utara, semakin memberi harapan terhadap upaya konservasi. Anoa yang akhirnya diberi nama Bahen ini berjenis kelamin jantan dengan berat 6 kg dan panjang 52 cm.

Kelahiran Bahen bisa terjadi setelah upaya mengawinkan Anara dan Rocky berkali-kali. Dokter Hewan ABC, drh Afifah Hasna, mengatakan bahwa Anara pertama kali dikawinkan saat usia 4,5 tahun, usia puber pertama untuk Anoa.

Proses perkawinan Anoa cukup sulit karena mereka adalah makhluk soliter. Mereka hanya bisa disatukan dalam kandang ketika musim kawin. “Pertama dikawinkan April 2022 tapi tidak hamil. Kemudian coba lagi Juli 2022 dan September 2022. Lalu terkonfirmasi hamil Oktober 2022,” terang drh Afifah, Rabu (28/7/2023).

Baca Juga: Lahirnya Raden, Anoa di Anoa Breeding Centre Manado

1. Kehamilan Anara bisa dideteksi dini

Cerita Kelahiran Bahen, Anoa Kelima Lahir Normal di ABC ManadoBahen di Anoa Breeding Center (ABC) Manado, Sulawesi Utara, Rabu (28/7/2023). IDNTimes/Savi

Di bulan Oktober 2022 usia kehamilan Anara diketahui 1,5 bulan. Padahal, sebelumnya ABC baru bisa mendeteksi kehamilan di usia kandungan 5-6 bulan. Menurut drh Afifah, deteksi dini bisa terjadi karena belajar dari pengalaman.

“Manajemen kebuntingan diperbaiki karena sudah diperhatikan sejak awal bunting,” ucap drh Afifah.

Saat itu, Anara langsung mendapat perlakuan khusus seperti dipindah ke kandang yang lebih luas, pakan ditimbang, hingga mendapat vitamin tambahan dari sayur dan buah. Bahen pun lahir dengan normal tanpa intervernsi manusia di hari ke-304 atau 10 bulan.

2. Kelahiran Bahen memakan proses cukup singkat

Cerita Kelahiran Bahen, Anoa Kelima Lahir Normal di ABC ManadoAnara dan anaknya, Bahen, di Anoa Breeding Center, Manado, Sulawesi Utara, Rabu (28/7/2023). IDNTimes/Savi

Saat kelahiran Bahen, tim ABC mengupayakan proses secara alami, sehingga mereka hanya memantau dari CCTV. drh Afifah mengaku proses kelahiran Bahen cukup singkat, hanya memakan waktu 3 jam 45 menit. Biasanya, Anoa butuh waktu 3-8 jam kontraksi hingga melahirkan 15 menit-1 jam.

Setelah Anoa lahir, tim ABC juga tidak langsung mendatangi kandang Anara agar terjadi interaksi alami antara induk dan anak. Setelah lahir, anak Anoa menjalani proses untuk belajar berdiri hingga mendapatkan susu dari sang induk.

Anoa harus mendapatkan susu pertama untuk mendapat kolostrum yang punya banyak kandungan antibodi. “Kalau kelahiran alami hanya intervensi di awal supaya meminimalisir gangguan bonding sama induk,” tambah drh Afifah.

3. Distokia jadi risiko kelahiran Anoa

Cerita Kelahiran Bahen, Anoa Kelima Lahir Normal di ABC ManadoRaden, anoa yang lahir caesar di awal tahun 2023 di Anoa Breeding Center, Manado, Sulawesi Utara, Rabu (28/7/2023). IDNTimes/Savi

Banyak tantangan yang dihadapi terkait pelestarian Anoa. Beberapa di antaranya adalah siklus kehamilan yang cukup lama yaitu 280-314 hari, hanya bisa melahirkan satu individu, hingga Anoa adalah makhluk yang soliter.

Anoa betina juga sangat selektif dengan pejantan. Anoa betina akan memilih pejantan dengan cara adu kekuatan. Jika sang jantan menang, ia bisa mengawini Anoa betina.

Tantangan lain untuk melestarikan Anoa adalah distokia atau kesulitan melahirkan, kekuatan fisik, hingga kekurangan gizi. Selama kehamilan Anoa tidak boleh makan berlebihan untuk menghindari obesitas induk maupun anak yang bisa menyebabkan distokia.

Baca Juga: Populasi Anoa di Sultra Berkurang Drastis, Terancam Aktivitas Tambang

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya