Polrestabes Makassar Siapkan 404 Personel Jaga Gereja saat Natal

Polisi mengantisipasi potensi ancaman dan gangguan

Makassar, IDN Times - Kepolisian Resort Kota Besar Makassar mengerahkan petugasnya untuk menjaga gereja-gereja saat perayaan Natal tahun 2022. Polisi bertugas menjaga keamanan demi kenyamanan masyarakat beribadah.

Kapolrestabes Makassar Kombes Budhi Haryanto mengatakan, petugas bakal berjaga di gereja-gereja pada puncak perayaan Natal, 24 hingga 26 Desember 2022.

"Saya ucapkan terima kasih kepada warga di Makassar yang mendukung terciptanya ketertiban. Perayaan natal, kita sudah ada 404 anggota bersiap menjaga 144 gereja," ungkap Kombes Budhi kepada wartawan, Kamis (22/12/2022).

Baca Juga: Penumpang Kapal di Pelabuhan Makassar Diprediksi Meningkat saat Nataru

1. Polisi mengantisipasi ancaman dan gangguan

Polrestabes Makassar Siapkan 404 Personel Jaga Gereja saat NatalKapolrestabes Makassar, Kombes Pol Budhi Haryanto saat diwawancarai di Lobi Mapolrestabes. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Budhi mengatakan, pihaknya mengerahkan polisi menjaga gereja sebagai antisipasi terhadap ancaman serta gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Pengerahan aparat sudah dipersiapkan sejak jauh hari.

"Berbagai ancaman yang sudah kita prediksi, sudah kita antisipasi dengan cara yang kami lakukan dengan langkah-langkah intelijen, dengan cara membaca gangguan kamtibmas yang kemungkinan terjadi," katanya.

2. Polisi dirikan pos pengamanan di gereja-gereja

Polrestabes Makassar Siapkan 404 Personel Jaga Gereja saat NatalANTARA FOTO/Arnas Padda

Untuk mendukung pengamanan, Polrestabes Makassar mendirikan pos di gereja-gereja. Pada pos tersebut ditempatkan petugas penjagaan.

"Kita berharap, kerjasamanya dengan elemen masyarakat agar sama-sama kita menjaga sampai dengan proses ibadah natal ini selesai," kata Budhi.

Jumlah petugas jaga di setiap gereja berbeda-beda. Tergantung kapasitas gereja dan orang yang beribadah di sana. "Tapi minimal empat personel, seperti kalau yang besar bisa jadi lebih," dia menambahkan.

3. Langkah antisipasi sejak jauh hari

Polrestabes Makassar Siapkan 404 Personel Jaga Gereja saat NatalPersonel kepolisian dan anjing pelacaknya melakukan sterilisasi di Gereja Katolik Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (24/12/2021). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Budhi menyampaikan, upaya cipta kondisi sudah berlangsung jauh hari sebelum Natal. Polrestabes Makassar antara lain sudah menurunkan tim anti teror sejak dua bulan lalu dengan menggelar patroli keliling di setiap polsek. 

"Kita sudah antisipasi jauh-jauh hari tentang ancaman teror kemungkinan yang terjadi. Harapan kita ancaman itu tidak ada," ucap Budhi.

Baca Juga: Polrestabes Makassar Tunggu Penyidik soal Tersangka Tarik Tambang Maut

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya