Penumpang Kapal di Pelabuhan Makassar Diprediksi Meningkat saat Nataru

Pelindo 4 sebut jumlah kapal tahun ini meningkat 4 persen

Makassar, IDN Times - Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Makassar pada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023.

Hal tersebut diungkapkan Enriany Muis saat jumpa pers Nataru Pelindo 4 di kantor Pelindo 4, lantai 7, Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Jalan Nusantara, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Rabu siang (21/12/2022).

"Jadi untuk kapal penumpang kami prediksi itu meningkat sebesar 20 persen, ini dibandingkan dengan tahun lalu. Atau secara jumlah itu 506 ribu sekian dibanding tahun lalu 422 ribu orang," ungkap Enriany.

1. Pelindo 4 sebut jumlah kapal tahun ini meningkat 4 persen

Penumpang Kapal di Pelabuhan Makassar Diprediksi Meningkat saat NataruSalah satu kapal penumpang saat bersandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. (IDN Times Sulsel/Dahrul Amri)

Untuk kapal penumpang yang disiapkan selama Nataru, Enriany menyatakan, PT Pelindo menyiapkan penambahan sekitar 4 persen layanan transportasi laut.

"Asumsi kami meningkat jumlah kapalnya, jadi tahun ini diasumsikan sebesar 1005 koll kapal itu naik 4 persen dibanding tahun lalu pada periode yang sama yaitu 967 koll kapal. Soal itu (kapal cadangan) untuk sementara kami belum dapat info dari Pelni ataupun dari operator kapal lainnya," terang Eriany.

2. Peningkatan jumlah penumpang

Penumpang Kapal di Pelabuhan Makassar Diprediksi Meningkat saat NataruAktivitas di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar pada mudik Lebaran 2022. IDN Times/Dahrul Amri

Sementara itu, penumpang atau pelayaran kapal paling banyak dilayani Pelindo 4 dalam periode ini seperti Makassar, Parepare, Ternate, dan Ambon.

"Jadi perkiraan kami penumpang atau pelayanan pelayaran itu meningkat pada minus 2 atau 3 Nataru. Jadi aktivitas pelabuhan Makassar atau kedatangan dan keberangkatan kapal 3 sampai 5 koll kapal perharinya," kata Enriany.

3. Ini fasilitas di terminal Pelindo 4 Makassar

Penumpang Kapal di Pelabuhan Makassar Diprediksi Meningkat saat NataruTerminal Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Enriany menambahkan, soal fasilitas pendukung di Pelabuhan Soekarno-Hatta untuk kenyamanan penumpang selama Nataru 2022-2023 ini Pelindo punya terminal penumpang seluas 6.600 meter.

"Itu (terminal penumpang) kapasitas penumpangnya sekitar 2000 sampai 3000-an orang, dalam ruangan terminal ada AC, toilet, ada fasilitas ibu menyusui, ada juga fasilitas untuk disabilitas, ruang membaca, ada Wifi juga. Ada itu untuk ruang tunggu sementara itu kita khususkan untuk penumpang lanjutan," tambahnya.

Baca Juga: Puluhan Satwa Liar Selundupan Disita di Pelabuhan Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya