TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hingga Hari Ke-49, Dua Peserta Haji 2022 Asal Embarkasi Makassar Wafat

Keduanya berasalh dari Kloter 11 asal Ternate

Ilustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Makassar, IDN Times - Proses dan fase ibadah haji tahun 2022 sudah memasuki hari ke-49. Dalam tahapan ini jemaah haji Indonesia mulai dipulangkan ke Tanah Air.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Jumat (22/7/2022) siang, sudah lebih 20 ribu jemaah haji reguler telah sampai di Indonesia.

Sementara itu data Siskohat juga mencatat sampai dengan hari ini (Jumat), ada 67 jemaah asal Indonesia wafat, dua di antaranya dari embarkasi Makassar atau Ujung Pandang.

"Embarkasi Makassar sampai hari ini (Jumat) ada dua orang," ujar Pranata Humas Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel, Mawardy Siradj, Jumat malam.

1. Dua orang dari Kloter 11 asal Ternate meninggal

Suasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Melalui pesan WhatsApp, Mawardy menyebutkan dua orang jemaah haji yang wafat itu berasal dari Kelompok Terbang (Kloter) 11 Embarkasi Makassar. Keduanya wafat saat berada di Mekkah.

"Kedua jemaah tersebut benar dari kloter 11 (embarkasi Makassar), pernah ada yang naikkan (berita) keduanya berasal dari ternate (Maluku Utara)," ungkap Mawardy.

Baca Juga: 7.160 Orang Jemaah Haji Berangkat lewat Asrama Haji Makassar

2. Meninggal dunia karena sakit

Ilustrasi/Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Dua orang jemaah haji asal Ternate itu bernama Esa Buba Mahmud yang wafat pada tanggal 12 Juli 2022, dan Simin Bakir Usman wafat pada tanggal 19 Juli 2022 di Kota Makkah.

"Menurut informasi meninggal karena sakit, untuk informasi spesifik itu sama pihak dinas kesehatan yang paling tahu soal penyebabnya," tambah Mawardy Siradj.

Sebelumnya, almarhumah Esa Buba wafat setelah dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) karena sakit neoplasma. Sementara Simin belum diketahui sebab pastinya.

Baca Juga: Pendeta Amsal Yowei Antar Jemaah Haji Papua ke Asrama Haji Makassar

Berita Terkini Lainnya