TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Potensi Hujan Deras, BPBD Makassar Imbau Warga Waspada Banjir

Masyarakat juga diimbau waspada dampak angin kencang

Pengendara menerobos banjir yang merendam ruas Jalan Talasalapang di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (6/12/2021). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Makassar, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir. Hal ini menyusul adanya peringatan dini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Balai BMKG Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini bahwa pada 11-17 April berpotensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah Sulsel termasuk Kota Makassar. 

"Berdasar hal tersebut warga kota diimbau waspada utamanya di wilayah rawan potensi banjir," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar, Hendra Hakamuddin, Selasa (11/4/2023).

1. Masyarakat diimbau waspada angin kencang

Ilustarsi Puting Beliung (IDN Times/Mardya Shakti)

Hendra juga mengingatkan kepada masyarakat agar mewaspadai dampak-dampak cuaca seperti yang diingatkan BMKG. Hal ini melihat bahwa ada potensi angin kencang yang berpotensi mengakibatkan pohon tumbang.

"Karena terdapat potensi angin kencang maka masyarakat diimbau waspada tehadap dampaknya seperti pohon tumbang, kerusakan rumah dan bangunan," kata Hendra.

2. Makassar masih dalam musim hujan

Ilustrasi hujan/idntimes.com

Cuaca di Kota Makassar akhir-akhir ini memang tidak menentu. Hujan biasanya akan mengguyur meskipun cuaca baru saja panas terik dan begitu pun sebaliknya. 

Namun Hendra mengatakan bahwa Kota Makassar masih cenderung berada pada musim hujan. 

"Kota Makassar dan sekitarnya masih masuk dalam musim penghujan. Musim kemarau dimulai awal Mei (2023)," kata Hendra.

Baca Juga: BMKG: Cuaca Ekstrem Kecil Masih Bisa Terjadi di Makassar

Berita Terkini Lainnya