TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemprov Sulsel Kirim Bantuan Logistik ke Selayar

Gubernur pastikan ada bantuan pemulihan untuk korban gempa

Bantuan yang akan dikirimkan untuk korban gempa di Kabupaten Selayar, Jumat (17/12/2021). Humas Pemprov Sulsel

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengirimkan bantuan sejumlah logistik untuk warga terdampak gempa bumi di Kabupaten Selayar. Bantuan dikirim ke melalui Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, Jumat (17/12/2021).

Kepala Dinas Sosial Sulsel Andi Irawan Bintang mengatakan, bantuan dikirim dari Pelabuhan Bira Bulukumba menuju Kota Benteng Selayar menggunakan kapal feri. Dari Kota Benteng, logistik diantar dengan kapal laut selama 18 jam menuju ke daerah terdampak yang berjarak 115 mil laut dari Benteng.

"Bersama tim Kemensos menyeberang lewat feri ke Selayar jam pukul 08.00 WITA hari ini menuju Kota Benteng untuk membawa logistik untuk korban dan selanjutnya akan ke lokasi terdampak," kata Irawan.

Baca Juga: Bantuan untuk Korban Gempa Selayar Dikirim via Kapal Perang

1. Bantuan kedua dari Pemprov

Warga masih bertahan di lokasi pengungsian di Selayar, Kamis (17/12/2021). (Dok. BPBD Selayar)

Bantuan tersebut berupa 25 lembar matras 525, 50 lembar selimut, 50 paket family kit 576, 15 paket kids ware, 20 paket food ware 576, 50 paket tenda gulung, 20 lembar kasur dan 1 ton beras.

Bantuan ini merupakan yang kedua kali. Pada Selasa 14 Desember 2021 lalu, Pemprov juga mengirimkan bantuan logistik serta tim medis, tim dapur umum dan tim evakuasi.

Pemkab Selayar juga telah memobilisasi dapur umum. Begitu pun dengan Kemensos yang telah mengirimkan bantuan sebanyak enam truk dan sebanyak satu mobil ranger dari Dinas Sosial Sulsel.

"Sebelumnya sudah dikirimkan ke Dinas Sosial Selayar buffer stock dan 1 ton sudah diterima di ibu kota Selayar melalui Bulog setempat," kata Irawan.

2. Sudirman pastikan ada upaya pemulihan

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Humas Pemprov Sulsel

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan rasa duka dan prihatinya atas bencana gempa di Laut Flores yang yang berdampak juga ke Selayar. Akibat gempa bermagnitudo 7,5 itu, sejumlah pulau terluar di Selayar terkena dampak cukup parah.

Sudirman mengaku terus berkoordinasi dengan Bupati Selayar untuk memastikan bantuan medis kepada korban luka dan membantu sistem dapur umum dan logistik yang terdampak gempa. Dia juga memastikan upaya pemulihan termasuk pemulihan fasilitas umum yang rusak dan memberikan bantuan pemulihan pasca bencana kepada yang terdampak. 

"Tentu kami akan meminta kepada Bupati Selayar untuk melakukan usulan kepada kami. Kemudian membantu pemulihan, termasuk pembangunan infrastruktur yang terdampak dan membantu keluarga korban," katanya.

Baca Juga: BNPB: 4.838 Orang di Selayar Mengungsi Akibat Gempa NTT

Berita Terkini Lainnya