TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Meluas, Kekeringan di Kota Makassar Kini Berdampak di 11 Kecamatan

Berdampak ke pusat perbelanjaan dan fasilitas kesehatan

Dilanda kekeringan, warga kompleks Nusa Tamalanrea Indah, Makassar beli air dalam jerigen, Rabu (30/8/2023). IDN Times/Asrhawi Muin

Makassar, IDN Times - Wilayah di Kota Makassar yang terdampak kekeringan semakin meluas. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat hingga Sabtu 21 Oktober 2023, kekeringan telah berdampak hingga 11 kecamatan.

Kecamatan yang terdampak kekeringan di yaitu Kecamatan Ujung Tanah, Tallo, Tamalanrea, Panakkukang, Tamalate, Mariso, Biringkanayya, Bontoala, Makassar, Manggala dan Wajo. Kecamatan Tallo menjadi daerah yang paling banyak terdampak yaitu 15 kelurahan.

"Secara keseluruhan, Wajo belum signifikan terpengaruh. Bukan pemukimannya. Kalau betul-betul baru itu di Tamalate, ada beberapa titik yang memang di daerah pemukiman," kata Kepala BPBD Kota Makassar, Hendra Hakamuddin, kepada IDN Times, Minggu (22/10/2023).

1. Pasar Butung terdampak kekeringan

Pasar Butung Makassar. Dok. Perumda Pasar Makassar

Hendra menjelaskan bahwa di Kecamatan Wajo, kekeringan tidak berdampak di pemukiman warga. Dari data tersebut, kekeringan hanya berdampak di satu kelurahan yaitu Kelurahan Butung.

Hendra menyebut lokasi terdampak itu adalah Pasar Butung. Karena itu, BPDB bersama PDAM juga mendistribusikan air bersih ke pusat perbelanjaan tersebut.

"Kecamatan Wajo itu sebenarnya di Pasar Butung. Jadi, Pasar Butung itu tidak ada air, jdi kita suplai di sana. Masuklah di dalam data kita kan, Kecamatan Wajo. Karena lokasinya ada di Kecamatan Wajo," kata Hendra.

Baca Juga: Belum Reda, Pemkot Makassar Perpanjang Masa Tanggap Darurat Kekeringan

2. Kekeringan berdampak ke Puskesmas

Ilustrasi layanan kesehatan. (IDN Times/Arief Rahmat)

Kekeringan di Kota Makassar tidak hanya berdampak pada pemukiman warga. Tempat publik seperti pusat perbelanjaan bahkan fasilitas kesehatan telah terdampak kekeringan. 

Pusat perbelanjaan lain yang juga terdampak kekeringan yaitu Mal Nipah. Pihak manajemen sempat menutup pusat perbelanjaan ini selama sehari untuk pembenahan.

Selain itu, beberapa Puskesmas yang terdampak kekeringan yaitu Puskesmas Tamamaung di Kecamatan Panakkukang, Puskesmas Layang dan Puskesmas Antang di Kecamatan Manggala, serta Puskesmas Rappokalling di Kecamatan Tallo.

Baca Juga: Imbas Kekeringan, Mal di Makassar Tutup Sementara

Berita Terkini Lainnya