TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Disdag Makassar Akui Stok Minyakita di Pasaran Langka

Minyakita juga dijual di atas harga eceran tertinggi

Ilustrasi Minyakita di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Makassar, IDN Times - Pasokan minyak subsidi Minyakita di Kota Makassar, Sulawesi Selatan ternyata minim. Pedagang menjual dengan stok terbatas, padahal Minyakita merupakan upaya untuk menekan harga minyak goreng kemasan yang sempat melonjak tahun lalu.

Dinas Perdagangan Kota Makassar mengakui saat ini produksi dan distribusi Minyakita memang menipis. Menurutnya hal ini disebabkan karena pasokan yang memang terbatas. 

"Dari pantauan kami dan koordinasi dengan distributor, memang pasokannya dari produsen yang terbatas," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar, Arlin Ariesta, Senin (1/2/2023).

Baca Juga: KPPU: Minyak Kemasan di Makassar Dijual seperti Minyak Goreng Curah

1. Stok minyak goreng kemasan lainnya aman

Ilustasi minyak goreng di pasaran (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Arlin menjelaskan meskipun stok Minyakita menipis, namun stok untuk minyak goreng kemasan lainnya tetap tersedia. Dia menegaskan bahwa menipisnya stok hanya terjadi pada Minyakita. Penurunan suplai itu, kata Arlin, terjadi sejak September 2022 lalu. 

"Jadi sebenarnya yang dikatakan langka untuk minyak subsidi ini Minyakita. Sementara minyak merek lain terus produksi, subsidi yang lain juga masih ada," jelasnya.

2. Stok minyak curah terbatas

Minyak goreng curah. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Arlin juga menyebut stok minyak curah terbatas. Pada 2 Januari 2023 ini, pasokan minyak curah tetap masuk ke Makassar. Namun berikutnya, pasokan yang masuk tidak sesuai permintaan. 

"Maka kita senantiasa tetap melakukan pemantauan, terhadap harga. Keterjangkauan harga. Kalau dengan minyak-minyak lain itu ada, terus telusuri jalur-jalur distribusinya. Jangan sampai ada harga di atas kewajaran keekonomian,"katanya.

Baca Juga: Stok Minyakita Mulai Langka, Harga Tembus Rp17 Ribu! 

Berita Terkini Lainnya