TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hari Pertama UTBK Unhas, Panitia Temukan Peserta Bersuhu Tubuh Tinggi

Yang bersangkutan pun dipindah ke ujian tahap kedua

Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin

Makassar, IDN Times - Di hari pertama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, pada hari Minggu (5/7/2020), panitia Pusat UTBK Unhas menemukan salah satu peserta datang ke lokasi ujian dengan suhu tubuh tinggi.

Kasubdit Humas dan Informasi Publik Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin, Ishaq Rahman, dalam keterangan pers yang diterima IDN Times, Minggu, mengatakan, seorang peserta di lokasi ujian Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI) ternyata memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat celsius.

"Sesuai protokol kesehatan, peserta tersebut diminta kembali ke ruang transit dan menunggu selama beberapa saat," tulis Ishaq.

1. Salah satu peserta UTBK yang gagal melewati pemeriksaan kemudian dipindahkan ke ujian tahap kedua

Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin

Namun, dari hasil empat kali pengukuran ulang, suhu tubuhnya tetap tak berubah. "Maka, peserta yang berasal dari Nusa Tenggara Timur tersebut tidak diijinkan untuk mengikuti ujian hari ini," tambah Ishaq. Peserta tersebut, dijelaskan Ishaq, kemudian mendapat penanganan dari relawan COVID-19 yang turut membantu proses UTBK.

Batal ujian di hari pertama, nama peserta langsung dicatat agar dipindahkan ke UTBK tahap kedua. Namun syaratnya, yang bersangkutan wajib dalam keadaan sehat usai melalui beberapa tahap pemeriksaan kesehatan.

2. Para peserta UTBK Unhas melakukan pengecekan suhu sebelum memasuki ruang ujian

Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin

Secara umum, hari pertama UTBK Unhas berjalan lancar. Seluruh peserta ujian menjalani pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki ruang kelas sebanyak dua kali, masing-masing sebelum sesi ujian diadakan.

Pusat UTBK Unhas sendiri turut melengkapi kepanitaan dengan kehadiran Relawan Kesehatan COVID-19 yang bersiaga di 14 lokasi, dengan total 72 ruang ujian. "Setiap lokasi pada Pusat UTBK Unhas dilengkapi dengan Relawan COVID-19 yang bertugas memastikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 berlangsung," Ishaq menerangkan.

Berita Terkini Lainnya