TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cegah Corona, Pemkab Bulukumba Siapkan Gedung Isolasi untuk Pemudik

Upaya karantina diutamakan untuk warga dari zona merah

Dok. Humas Pemkab Bulukumba

Makassar, IDN Times - Sebagai salah satu wilayah yang telah mengonfirmasi kasus positif virus corona (COVID-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, Sulawesi Selatan, mulai berbenah untuk menangani dan menahan laju penyebaran virus corona. Salah satunya yakni keputusan mengisolasi para pendatang.

Sebuah tempat pun telah ditunjuk oleh Pemkab Bulukumba yaitu gedung Pusat Pelayanan Sosial Bina Karya (PPSBK) Nirannuang, yang terletak di Desa Paenre Lompoe, Kecamatan Gantarang.

1. Para pemudik yang pulang ke Kabupaten Bulukumba akan ditempatkan di gedung khusus untuk jalani karantina

Ilustrasi pemudik. IDN Times/Andra Adyatama

Gedung PPSBK Nirannuang tersebut rencananya akan menjadi tempat para warga Bulukumba yang baru saja tiba dari luar daerah, baik pendatang lokal atau pemudik, yang masuk dalam daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali pun telah melakukan peninjauan ke tempat tersebut pada hari Jumat (3/4) kemarin. Ia didampingi oleh Komandan Kodim (Dandim) 1411 Bulukumba Letkol Arm Joko Triyanto dan Wakapolres Bulukumba Kompol Syarifuddin.

2. Gedung PPSBK Nirannuang yang telah disiapkan Pemkab Bulukumba memiliki kapasitas 90 kamar

Dok. Humas Pemkab Bulukumba

Menurut Bupati AM Sukri, edung tersebut memiliki kapasitas yang mencukupi. "PPSBK Nirannuang ini memiliki 90 kamar yang bisa dimanfaatkan sebagai area karantina bagi warga pendatang," ungkapnya dalam keterangan yang diterima IDN Times, Sabtu (4/4).

Lebih jauh, ini diambil setelah menerima laporan dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) bahwa akan ada sekitar 7 ribu warga berstatus TKI yang akan segera kembali. Upaya karantina pun diutamakan bagi orang-orang yang berasal dari wilayah yang memiliki kasus positif coronavirus.

Berita Terkini Lainnya