TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waspadai Hujan Lebat di Makassar Tiga Hari ke Depan

Diprediksi hujan intensitas sedang hingga lebat di Makassar

Sejumlah pengendara menerobos banjir di Jalan Paccerakkang, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (18/12/2020). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Makassar, IDN Times – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi cuaca ekstrem di Kota Makassar dan sejumlah daerah di Sulawesi Selatan, beberapa hari ke depan.

Beberapa hari belakangan ini hujan melanda Makassar, yang berdampak genangan pada sejumlah daerah rawan banjir. Kondisi serupa diperkirakan masih akan terjadi, setidaknya tiga hari ke depan.

“Tiga hari ke depan, masih berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Sulsel, khsusunya wilayah pesisir barat Sulsel,” kata prakirawan Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar Asriani Idrus kepada IDN Times, Jumat (18/12/2020).

Selain Makassar, potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi di Pinrang, Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Gowa, Takalar, dan sebagian wilayah Sinjai dan Bulukumba.

Baca Juga: Musim Hujan, Warga Makassar Diingatkan Bahaya Pohon Tumbang

1. Waspadai hujan lebat disertai petir dan angin kencang

Ilustrasi Kilat (IDN Times/Mardya Shakti)

Untuk Sabtu besok, 19 Desember 2020, BMKG memprediksi sejumlah daerah akan mengalami hujan sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Sulsel. Hujan umumnya turun disertai angin dengan kecepatan 20-50 kilometer per jam.

“Waspada potensi hujan sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Barru, Pangkep, dan Maros,” bunyi peringatan dini BMKG yang diterima, Jumat.

2. Sejumlah daerah di Makassar tergenang

Ilustrasi Banjir. (IDN Times/Mardya Shakti)

Beberapa hari terakhir turun hujan sedang hingga lebat di Kota Makassar. Menurut pantauan di media sosial, sejumlah warga melaporkan kawasan di sekitanrya tergenang. Umumnya, daerah yang tergenang merupakan wilayah rawan dan langganan banjir.

Kompleks Kodam 3 di Paccerakkang, Kecamatan Tamalanrea, termasuk salah satu daerah yang tergenang di tengah hujan. Suasana terekam dalam video yang diunggah akun Instagram, @info_kejadian_makassar, Kamis malam, 17 Desember 2020.

Akun Instagram @makassar_iinfo juga menampilkan suasana di depan pintu gerbang Yayasan Perumahan Pegawai Kantor Gubernur di Kelurahan Daya, Tamalanrea. Pada video yang diunggah, terlihat air menggenangi jalan hingga setinggi betis orang dewasa pada Kamis siang.

Baca Juga: Menjelang Puncak Musim Hujan, BNPB: Waspadai Bencana Hidrometeorologi

Berita Terkini Lainnya