TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BBPOM Makassar Tarik Sementara Produk Kinder Joy

Penarikan produk untuk kepentingan uji sampel di lab BPPOM

Kinder Joy (ANTARA/HO-Nanin)

Makassar, IDN Times - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar mengungkapkan bahwa produk cokelat Kinder Joy ditarik sementara dari pasaran di wilayahnya. Penarikan sementara untuk pengujian sampel di BBPOM setempat.

"Ini dilakukan setelah permen cokelat Kinder Joy buatan Belgia yang beredar di Eropa itu ditarik peredarannya karena ada kandungan bakteri Salmonella," kata Kepala BBPOM Makassar Hardaningsih, dikutip dari Antara, Jumat (15/4/2022).

Baca Juga: BPOM Hentikan Edaran Coklat Kinder Sementara Waktu, Ini Alasannya

1. Pemeriksaan untuk memastikan produk aman untuk kesehatan

Ilustrasi pemeriksaan sampel takjil makanan oleh BPOM.ANTARA FOTO

Hardaningsih mengatakan, cokelat Kinder Joy yang beredar di Indonesia diproduksi oleh perusahaan berbeda dengan yang beredar di Eropa. Produk yang beredar di Indonesia merupakan buatan India.

Meski demikian, tetap diperlukan penarikan sementara untuk memastikan produk Kinder Joy yang beredar aman dan tidak membahayakan kesehatan.

"Kinder Joy yang beredar di Indonesia asal India, berbeda yang beredar di Eropa. Kalau yang di Indonesia itu sudah terdaftar BOPM, ada nomor BPOML dan nomornya 12 digit," katanya.

2. Produk bisa beredar kembali jika dinyatakan aman

BBPOM memastikan Kinder Joy buatan Belgia tidak terdaftar dan tidak beredar di Indonesia. Namun untuk kewaspadaan dini, dianggap perlu menguji terhadap sampel produk cokelat itu.

"Apabila hasil ujinya dinyatakan tidak ada masalah atau tidak ada kandungan bakteri, produk yang sudah ditarik itu akan dikembalikan lagi," Hardianingsih.

Baca Juga: THR ASN Pemkot Makassar Cair Sepekan Jelang Lebaran

Berita Terkini Lainnya