Marak PHK karena Corona, Sulsel Dapat Jatah 158 Ribu Kartu Prakerja

Insenfit Rp3,5 juta untuk empat bulan, daftar via online

Makassar, IDN Times – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan Kartu Prakerja bagi 158.936 orang selama pandemi COVID-19. Fasilitas itu akan diberikan kepada warga yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dari perusahaannya.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, kartu prakerja merupakan kebijakan pemerintah pusat. Program tersebut diprioritaskan bagi orang yang terimbas lesunya perekonomian akibat meluasnya wabah virus corona.

"Sulsel memiliki kuota pendaftaran sebanyak 158.936 orang. Mohon disampaikan kepada saudara, kerabat dan kenalan anda yang membutuhkan," kata Nurdin yang dikutip Antara di Makassar, Jumat (11/4).

Baca Juga: Dear Warga Sulsel, Jangan Berharap PSBB, Itu Pilihan Terakhir Gubernur

1. Pemegang Kartu Prakerja dapat tunjangan Rp3,55 juta selama empat bulan

Marak PHK karena Corona, Sulsel Dapat Jatah 158 Ribu Kartu Prakerja(Ilustrasi tenaga kerja) ANTARA FOTO/Siswowidodo

Program Kartu Prakerja bakal ditujukan kepada orang-orang yang di-PHK, atau pun dirumahkan oleh perusahaan tempatnya bekerja. "Ini adalah program dari pemerintah pusat yang memberikan pelatihan online, insentif uang saku dan di akhir pelatihan akan mendapat sertifikat, ucap Nurdin.

Dengan Kartu Prakerja, masyarakat akan mendapatkan insentif senilai Rp.3.550.000 selama empat bulan, serta dibekali pelatihan daring. Insentif terdiri dari anggaran pelatihan senilai Rp1 juta, uang saku Rp2,4 juta, serta Rp150 ribu biaya survei.

2. Masyarakat bisa mendaftarkan diri secara online

Marak PHK karena Corona, Sulsel Dapat Jatah 158 Ribu Kartu PrakerjaIlustrasi Kartu Pra Kerja. (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulsel Darmawan Bintang mengungkapkan bahwa aka nada seleksi untuk mendapatkan Kartu Prakerja. Pemprov Sulsel telah mengirimkan ke pusat, data enam ribu lebih calon penerima program itu yang berasal dari 11 kabupaten/kota. Rencananya ada tambahan 3 ribu nama pada tahap kedua.

Darmawan mengatakan, masyarakat yang belum terdata juga bisa mendaftar secara mandiri. Masyarakat bisa mengaksesnya melalui laman resmi www.prakerja.go.id.

"Informasi yang kami terima, website ini akan bisa diakses pada 13 April nanti, jadi juga bisa daftar sekarang lewat dinas tenaga kerja kabupaten/kota masing-masing," katanya.

3. Program Kartu Prakerja diluncurkan lebih awal karena COVID-19

Marak PHK karena Corona, Sulsel Dapat Jatah 158 Ribu Kartu PrakerjaIlustrasi PHK (IDN Times/Arief Rahmat)

Darmawan mengatakan, Kartu Prakerja merupakan program pemerintah pusat untuk menyiapkan tenaga kerja. Tapi pandemi COVID019 berimbas kepada perekonomian, program pun diprioritaskan untuk pekerja yang dirumahkan atau di-PHK.

Program ini rencananya baru diluncurkan pada Mei mendatang, taip akhirnya dipercepat karena situasi terkini. "Karena adanya pandemi ini, makanya telah diluncurkan pemerintah pusat untuk memberi kesempatan bagi pekerja mengatasi persoalan biaya hidup mereka," katanya.

Baca Juga: Curhat Perawat di Sulsel: Pakai APD Bekas hingga Terima Stigma Negatif

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya