Comscore Tracker

Dilantik, KONI Sulsel Target 5 Besar di PON 2024

KONI Sulsel menggeber persiapan Porprov di Oktober mendatang

Makassar, IDN Times - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen TNI (Purn) Marciano Norman melantik pengurus KONI Sulawesi Selatan yang dipimpin Yasir Machmud, di Hotel Claro Makassar, Rabu malam (10/8/2022).

Ketua KONI Sulsel Yasir Machmud yang terpilih secara aklamasi pada Maret 2022 lalu mengatakan, pihaknya langsung tancap gas mempersiapkan atlet di ajang nasional. Salah satu targetnya adalah Sulsel mencapai peringkat lima besar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh-Sumatera.

"Ini menjadi harapan kita semua, dan akan terus berusaha meraih target lima besar ini. Dan tentunya dengan dukungan Pemprov Sulsel," kata Yasir usai dilantik.

Baca Juga: Aklamasi, Yasir Mahmud Jadi Ketua KONI Sulsel 2022-2026

1. Porprov jadi ajang pemanasan

Dilantik, KONI Sulsel Target 5 Besar di PON 2024Pelantikan pengurus KONI Sulsel di Makassar, Rabu malam (10/8/2022). Dok. Istimewa)

Yasir Machmud mengungkapkan, sebelum menuju PON, pihaknya mempersiapkan atlet pada agenda besar dalam waktu dekat ini. Yaitu Pekan Olahraga Provinsi (Porprov Sulsel, yang digelar di Sinjai-Bulukumba, Oktober 2022 mendatang.

Yasir menyebut Porprov sebagai ajang penjaringan sekaligus pemanasan untuk melihat sejauh mana kesiapan atlet berlaga di tingkat nasional.

"Ini salah satu ajang untuk mempersiapkan atlet terbaik kita agar bisa bersaing di Pra PON nanti," ungkapnya.

2. KONI didorong berkolaborasi dengan Pemprov

Dilantik, KONI Sulsel Target 5 Besar di PON 2024Karateka putri Sulawesi Selatan Krisda Putri Aprilia memperagakan jurus dalam FInal Karate Nomor Kata Perorangan Putri PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan, Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Senin (11/10/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/

Pelantikan turut dihadiri Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua Dewan Kehormatan KONI Sulsel Andi Amran Sulaiman. Ketua Umum KONI Letjen TNI (Purn) Marciano Norman mengatakan kepada pengurus bahwa untuk meraih prestasi, dibutuhkan kolaborasi antara KONI Sulsel dengan Pemerintah Sulsel.

"Saat PON Papua lalu, pak Gubernur ini selalu hadir di Papua. Itu bukti dukungan pemerintah untuk para atlet Sulsel," katanya.

Dia mengatakan, prestasi di KONI Sulsel di PON Papua sangat luar biasa karena berada di posisi ke 11 klasemen. Tentu kata dia hal ini harus dipertahankan dan bisa ditingkatkan lagi.

"Prestasi yang lebih baik bisa diraih dengan kebersamaan para pengurusnya termasuk dukungan pemerintah," katanya.

3. Gubernur: sudah waktunya olahraga menjadi industri

Dilantik, KONI Sulsel Target 5 Besar di PON 2024Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pada pelantikan pengurus KONI Sulsel di Makassar, Rabu (10/8/2022) malam. (Dok. Pemprov Sulsel)

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, Pemprov Sulsel akan terus mendukung pengembangan olahraga. Dia menekankan bahwa sudah saatnya olahraga tidak sekadar mengejar prestasi, melainkan jadi sarana industri.

“Saya mengharapkan, bagaimana KONI mendorong kementerian menjadikan olahraga itu industri. Dengan demikian kemandiriannya kuat dan profesional,” kata Andi Sudirman.

“Makanya pengurus baru ini kita akan ajak apa yang menjadi kebijakan strategisnya agar bisa mengembangkan olahraga di Sulsel," tambahnya.

Selain itu, Andi Sudirman juga sudah memanggil jajarannya untuk meninjau izin perusahaan yang beroperasi di Sulsel agar memperhatikan olahraga. Karena dukungan dari perusahaan penting untuk pembinaan dan kemajuan olahraga.

"Di Provinsi, saya juga mendorong, tolong dicek semua izin perusahaan kalau tidak ada pembinaan olahraganya tolong dipertimbangkan,” ungkapnya.

Baca Juga: Daftar 13 Atlet Sulsel Peraih Medali SEA Games

Baca Juga: Para Atlet Sulsel Peraih Medali Emas di PON Papua

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya