Comscore Tracker

Danny Pomanto Ajak Warga Makassar Ikuti Program Subsidi Tepat BBM

Pembelian solar menggunakan QR code segera diterapkan

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto warganya mengikuti program Pertamina terkait pelaksanaan subsidi tepat untuk bahan bakar minyak (BBM). Terutama untuk BBM jenis solar bersubsidi.

Danny menyampaikan itu saat menerima audiensi PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi di kediamannya, Selasa (24/1/2023). Menurutnya, subsidi tepat sasaran bisa menjamin masyarakat yang berhak agar mendapatkan jaminan kepastian terhadap kuota BBM bersubsidi.

"Saya mengajak dan mengimbau kepada seluruh masyarakat Makassar terkhusus dengan pengguna bahan bakar solar untuk mendaftar agar mendapatkan QR Code," kata Danny, Selasa.

Baca Juga: Beli Elpiji 3 Kg Pakai MyPertamina Diuji Coba Penuh Tahun Depan

1. Pertamina sosialisasikan penggunaan QR code

Danny Pomanto Ajak Warga Makassar Ikuti Program Subsidi Tepat BBMKonsumen melakukan transaksi nontunai menggunakan MyPertamina saat mengisi BBM di SPBU. (IDN Times/Istimewa)

Humas Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Iqbal Hidayatulloh mengatakan program subsidi tepat sudah berlaku di 71 kota di Indonesia. Kini Pertamina tengah dalam tahapan sosialisasi di Makassar, yang akan segera diterapkan.

"Sekitar Februari-Maret kita menerapkan pembelian solar subsidi menggunakan QR Code. Jadi harapannya bagi masyarakat yang berhak menerima solar subsidi bisa mendaftar melalui website subsiditepat.mypertamina.id," kata Iqbal.

2. Bisa mendaftar langsung di SPBU

Danny Pomanto Ajak Warga Makassar Ikuti Program Subsidi Tepat BBMSPBU Pertamina (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Iqbal mengatakan, masyarakat yang tidak bisa mengakses internet tetap bisa mendaftar langsung di SPBU. Demikian juga dengan pelanggan yang mengalami kesulitan. 

Nantinya, ketika ada verifikasi dari pusat maka dikeluarkan QR Code sebagai alat bukti bahwa masyarakat itu berhak mendapatkan solar subsidi.

"Jadi yang berhak itu langsung dilayani pembelian solarnya, ditunjukkan QR Code-nya sehingga penyalurannya tepat sasaran," ucapnya.

3. MyPertamina diuji coba sejak Juli 2022

Danny Pomanto Ajak Warga Makassar Ikuti Program Subsidi Tepat BBMAplikasi MyPertamina yang dianggap menyusahkan masyarakat yang ingin membeli BBM. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

PT Pertamina (Persero) telah memperluas pendaftaran subsidi tepat bahan bakar minyak (BBM) dengan aplikasi MyPertamina di 50 kabupaten/kota di Indonesia, salah satunya Kota Makassar. Di kota ini, uji coba telah dimulai sejak 11 Juli 2022 lalu.

Penerapan subsidi tepat BBM merupakan upaya dari Pemerintah RI melalui PT Pertamina (Persero) untuk memperketat distribusi BBM subsidi agar tepat sasaran. Taufiq mengatakan, ketika masyarakat telah mendaftarkan kendaraannya melalui website dan aplikasi MyPertamina, sistem akan memilah untuk menentukan jenis kendaraan yang berhak maupun yang tidak berhak menerima BBM subsidi. 

Hal itu mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang penyediaan, pendistribusian, dan harga jual eceran bahan bakar minyak. 

"Program Subsidi Tepat itu menjadi kendaraan-kendaraan yang berhak mendapatkan subsidi sudah tercantum dalam Perpres Nomor 191 Tahun 2014. Di situ disebutkan kendaraannya apa saja dan siapa saja yang bisa konsumsi BBM bersubsidi," kata Senior Supervisor Communication Relations Pertamina Regional Sulawesi, Taufiq Kurniawan.

Baca Juga: 3 Cara Daftar Subsidi Tepat MyPertamina, Cari Tahu yuk!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya