Bentrokan Warga Vs Mahasiswa UNM, Mobil Anggota Polda Sulsel Hancur

Demonstrasi mahasiswa menuntut pencabutan UU Cipta Kerja

Makassar, IDN Times - Dua unit mobil milik seorang polisi dan mahasiswi rusak akibat bentrokan antara warga dan mahasiswa, di depan kampus UNM di Jalan Pendidikan Raya, Kota Makassar, Kamis malam (6/4/2023).

Mobil Toyota Avanza milik Bripda M. Alief, anggota Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) dan mobil Toyota Agya putih milik seorang mahasiswi UNM, rusak pada bagian jendela depan, belakang, dan samping.

Bentrokan antar mahasiswa dan warga ini pecah setelah buka puasa pukul 18.25 Wita di Jalan AP Pettarani tepat depan kampus UNM hingga meluas ke Jalan Raya Pendidikan samping kampus tersebut.

Sebelum bentrokan itu pecah, mahasiswa UNM menggelar aksi menuntut agar UU tentang Cipta Kerja dicabut. Aksi unjuk rasa berlangsung dari pukul 16.10 Wita hingga pukul 18.05 Wita, tapi berselang beberapa menit bentrokan tersebut pun pecah.

1. Mobil mahasiswi UNM juga rusak

Bentrokan Warga Vs Mahasiswa UNM, Mobil Anggota Polda Sulsel HancurKaca mobil mahasiswa hancur terkena lemparan batu saat bentrokan terjadi di sekitar kampus UNM Makassar, Kamis (6/4/2023). IDN Times/Dahrul Amri

Dua mobil yang rusak tersebut terparkir di Jalan Pendidikan Raya, di area bentrokan. Sementara kondisi mobil milik polisi, kaca jendelanya hancur pada sisi kanan, sama halnya juga kondisi mobil milik mahasiswi tersebut.

Kepada wartawan, Bripda Alief mengaku awalnya tidak menyadari mobilnya yang berusaha didorong keluar oleh warga.

"Saya kira mobilku aman, ternyata hancur terkena lemparan batu. Alhamdulillah tidak ada barang yang hilang, surat-surat masih ada di bangku belakang," ungkap Alief.

Sementara itu mahasiswi yang mobilnya rusak, hanya bisa terdiam saat mobilnya didorong keluar oleh pihak kepolisian dan warga dari lokasi bentrokan. Langkah kaki mahasiswa itu gemetar saat berjalan.

2. Polisi minta mahasiswa bubar

Bentrokan Warga Vs Mahasiswa UNM, Mobil Anggota Polda Sulsel HancurSituasi bentrokan mahasiswa UNM Makassar vs warga di Jl Pendidikan, Kamis (6/4/2023). IDN Times/Dahrul Amri

Pantauan IDN Times Sulsel di lokasi, pukul 21.45 Wita, pihak kepolisian yang dipimpin Kabag Ops Polrestabes Makassar AKBP Harminto, langsung melakukan penyisiran dan berusaha membubarkan mahasiswa yang masih bertahan di dalam kampus.

"Tolong itu anggota yang sudah di dalam (dekat UNM) untuk suruh itu mahasiswa untuk bubar, pulang. Kalau tidak kita sisir dan ambil (amankan)," kata Harminto yang perintahkan anggota via handy talky (HT).

3. Demo mahasiswa berjam-jam di tiga titik, macet parah

Bentrokan Warga Vs Mahasiswa UNM, Mobil Anggota Polda Sulsel HancurDemo mahasiswa saat memblokade jl Sultan Alauddin Makassar, Kamis (6/4/2023). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Diberitakan sebelumnya, mahasiswa di Makassar menggelar demo di beberapa titik pada, Kamis sore. Demo tersebut pun mengakibatkan macet parah berjam-jam.

Pantauan IDN Times Sulsel, demonstrasi mahasiswa terbagi di tiga titik, di jalan layang (Flyover) AP Pettarani-Urip Sumoharjo, depan kampus UNM Jl AP Pettarani dan depan kampus UIN Alauddin Jl Sultan Alauddin.

Salah satu penjual takjil yang berada di Jl AP Pettarani depan kampus UNM mengatakan, demo mahasiswa sekitar pukul 16.10 Wita. "Demo dari jam 4 lewat tadi, demo disini sama di Alauddin," ungkapnya.

Pantauan di lokasi, seperti depan kampus UNM. Macet parah terjadi dari depan kantor DPRD Kota Makassar menuju UNM dan juga Jl Pendidikan Raya serta Jl Mappala sekitar kampus UNM.

Kemacetan kendaraan yang mengular juga terjadi dari depan kampus UNM menuju ke Jl Sultan Alauddin atau ujung Jl AP Pettarani akibat puluhan mahasiswa dari UIN Alauddin demo depan kampusnya.

Sementara itu, demo ratusan massa yang mengenakan pakaian hitam menggelar demo di Flyover dan mengakibatkan macet parah dari arah DPRD Sulsel dan dari arah Jl AP Pettarani, Panakkukang, Makassar.

Baca Juga: Demo Mahasiswa, Jalan Protokol Makassar Macet Parah jelang Buka Puasa

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya