TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Satu ASN Pemprov Sulteng Positif COVID-19, Dinkes Tes Swab 112 Kontak

Uji swab dilakukan usai pejabat tinggi terpapar COVID-19

Swab test ASN di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. IDN Times/Istimewa

Palu, IDN Times - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah melakukan test swab COVID-19 kepada ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Gubernur Sulteng, Jumat (2/10/2020).

Gubernur Longki Djanggola mengatakan, tes swab dilakukan setelah satu orang ASN di jajaran Pimpinan Tinggi Pratama Provinsi Sulteng dinyatakan positif COVID-19.

“Yang pernah kontak dengan yang bersangkutan harus di-swab,” kata Longki saat memantau langsung pengambilan sampel swab.

1. Hasil swab diketahui besok

Gubernur Sulteng Longki Djanggola (kana), memantau swab test ASN. IDN Times/Istimewa

Longki mengatakan, hasil swab seluruh ASN yang menjalani pemeriksaan, akan diketahui Sabtu besok. Mereka yang dinyatakan positif tanpa gejala, jelas Longki, harus menjalani isolasi di gedung LPMP dan BPSDM Provinsi.

"Mereka-mereka yang masuk rumah sakit itu sudah dengan gejala, misalnya panas dan batuk,” ucap Longki.

Baca Juga: Pemkot Palu Usul 1.000 Karyawan Swasta Terdampak Pandemik Diberi BLT

2. Pemprov berlakukan WFH mulai 5 Oktober mendatang

Gubernur Sulteng Longki Djanggola (kana), memantau swab test ASN. IDN Times/Istimewa

Peningkatan kasus COVID-19 di Sulawesi Tengah membuat Gubernur Longki memberlakukan sistem kerja dari rumah atau WFH bagi ASN lingkup Pemprov.

WFH mulai berlaku pada 5 Oktober 2020 mendatang. Hal itu mengacu pada Surat Edaran (SE) Gubernur Sulawesi Tengah nomor 061.2/539/RO.ORG yang dikeluarkan per tanggal 2 Oktober 2020.

“Juga sesuai surat edaran Menpan, masuk kerja itu hanya 25 persen setiap hari untuk mengurangi penularan,” tutur Longki.

Dia pun mengimbau kepada pemerintah kabupaten/kota di Sulawesi Tengah yang dikategorikan zona merah COVID-19 agar melaksanakan WFH.

Baca Juga: Kota Palu Nol Kasus Aktif COVID-19, Dinkes Minta Warga Tetap Waspada

3. Kabar ASN Pemprov Sulteng positif COVID-19 beredar luas di grup percakapan Whatsapp

Swab test ASN di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. IDN Times/Istimewa

Kabar ASN Pemprov Sulteng positif COVID-19 beredar luas di media sosial dan grup percakapan Whatsapp, setelah petugas Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Sulteng merilis data kasus harian pada Kamis, 1 September, kemarin.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Sulteng, Haris Kariming mengatakan sebanyak 112 ASN di Kantor Gubernur Sulteng menjalani test swab hari ini.

Berita Terkini Lainnya