Makassar Culinary Night Kembali Digelar, Catat Tanggal dan Lokasinya

Pertama kali digelar bulan Agustus

Makassar, IDN Times - Mengangkat tema 'Merah Putih' , Makassar Culinary Night (MCN) kembali digelar. Event kuliner terbesar di Kota Makassar ini akan digelar tepatnya pada  4-6 Agustus 2023.

Event reguler ini merupakan yang ke-19 kali sejak mulai dilaksanakan pada 2015. Fort Rotterdam kembali didapuk menjadi lokasi penyelenggaraan MCN. Event ini menyediakan berbagai sajian kuliner tradisional maupun kekinian dari UMKM di Kota Makassar.

"Setiap kali pelaksanaan MCN selalu menghadirkan tenant-tenant pilihan yang sebagian besar merupakan produk UMKM Kota Makassar. Terdapat 78 tenant yang telah berhasil di seleksi secara ketat oleh tim kurator agar bisa menghadirkan jajanan khas Kota Makassar," kata Founder MCN, Mistrianie Andi Muin, dalam konferensi pers di Swiss-Bel Hotel, Makassar, Selasa  (1/8/2023).

1. Pertama kali digelar bulan Agustus

Makassar Culinary Night Kembali Digelar, Catat Tanggal dan LokasinyaSuasana Makassar Culinary Night 2022 yang berlangsung di Benteng Fort Rotterdam, Sabtu 21 Mei 2022. (Instagram.com/mcn_makassar)

Penyelenggara MCN mengusung tema 'Merah Putih' dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Ini merupakan pertama kali MCN diselenggarakan pada bulan Agustus.

"Kemeriahan festival kuliner ini menjadi salah satu bentuk partisipasi dalam membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme melalui berbagai kegiatan di dalamnya," kata Mistri.

Setiap tahunnya, MCN menjadi wadah bagi UMKM dan industri kreatif di bidang kuliner untuk berkembang dan membuka jaringan konsumen dan pemasaran yang lebih besar. 

2. Berkontribusi pada ekonomi Makassar

Makassar Culinary Night Kembali Digelar, Catat Tanggal dan LokasinyaTenant kedai kopi Depan Ruma yang berpartisipasi dalam Makassar Culinary Night 2022 di Benteng Fort Rotterdam, Sabtu 21 Mei 2022. (Dok. Humas Gojek Makassar)

Kepala Dinas Pariwisata, Mohammad Roem, mengatakan bahwa event MCN sejauh ini telah memberikan kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi di Makassar. Hal ini sejalan dengan branding Kota Makassar sebagai Kota Makan Enak'.

“MCN menjadi salah satu agenda tahunan yang paling dinantikan oleh masyarakat Kota Makassar," kata Roem. 

Baca Juga: Makassar Culinary Night Hadir Lagi usai Vakum Selama Pandemik

3. Wadah bagi pelaku industri kuliner

Makassar Culinary Night Kembali Digelar, Catat Tanggal dan Lokasinyapotret festival Makassar Culinary Night di Fort Rotterdam (instagram.com/mcn_makassar)

MCN memberikan wadah bagi pelaku industri kuliner untuk bisa bergeliat setelah pandemik COVID-19. MCN kembali digelar lagi pada 2022 dan di tahun ini juga semakin menguatkan hasil uji Kemenparekraf bahwa Maakassar menjadi kota kreatif kuliner di Indonesia. 

"Kita berharap semua dapat berpartisipasi di event ini sehingga memberikan dampak positif dan memberikan lapangan pekerjaan selama 3 hari ini karena akan banyak tenant yang membutuhkan pekerja di masing-masing tenant," kata Roem.

Baca Juga: Makassar Culinary Night Hadir Kembali, Yuk Cicipi Puluhan Kuliner Enak

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya