Makassar Culinary Night Hadir Kembali, Yuk Cicipi Puluhan Kuliner Enak

Sebanyak 77 tenant kuliner siap memanjakan lidah

Makassar, IDN Times - Makassar Culinary Night (MCN) akan hadir kembali di Fort Rotterdam. Festival kuliner terbesar di Kota Makassar ini akan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 5 - 6 November 2022. 

Makassar Culinary Night kali ini mengangkat tema 415 Pesta Rakyat sebagai bentuk apresiasi dalam rangkaian perayaan HUT ke-415 Kota Makassar pada 9 November 2022 mendatang. Festival ini merupakan kali setelah sempat vakum selama dua tahun akibat pandemik COVID-19.

"November identik dengan HUT Makassar. Jadi, kita ambil tema Makassar 415 Pesta Rakyat," ujar Founder Makassar Culinary Night Mistri Andi Muin, dalam konferensi pers di Hotel Mercure, Kamis (3/11/2022).

1. Ada kampanye less plastic

Makassar Culinary Night Hadir Kembali, Yuk Cicipi Puluhan Kuliner EnakTenant kedai kopi Depan Ruma yang berpartisipasi dalam Makassar Culinary Night 2022 di Benteng Fort Rotterdam, Sabtu 21 Mei 2022. (Dok. Humas Gojek Makassar)

Selain memperingati HUT ke-415 Kota Makassar, Makassar Culinary Night ini juga akan hadir dengan kampanye Less Plastic atau gerakan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Kampanye ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan utamanya dalam penyelenggaraan event kuliner.

Mistri menyebutkan ada sebanyak 77 tenant kuliner akan berpartisipasi di Makassar Culinary Night dari total 365 tenant yang telah dikurasi. Pihaknya telah menghimbau kepada 77 tenant tersebut untuk menggunakan wadah ramah lingkungan atau plastic eco friendly yang dapat didaur ulang.

"Tenant-tenant pilihan ini merupakan UMKM kuliner lokal yang menyuguhkan berbagai pilihan jajanan mulai dari makanan tradisional hingga kekinian," katanya.

2. Bayar Rp1 setiap isi ulang air minum

Makassar Culinary Night Hadir Kembali, Yuk Cicipi Puluhan Kuliner EnakSuasana Makassar Culinary Night 2022 yang berlangsung di Benteng Fort Rotterdam, Sabtu 21 Mei 2022. (Instagram.com/mcn_makassar)

Setiap tahunnya, penyelanggara Makassar Cilinary Night menggandeng Gojek sebagai sponsor. Gojek menghadirkan sistem transaksi non tunai bagi para pengunjung melalui pembayaran GoPay.

"Pengunjung dapat memanfaatkan QRIS dari GoPay untuk pembayaran dan mendapatkan promo lebih hemat saat hendak menikmati kuliner favorit tanpa mengeluarkan uang tunai. Kami juga mengerikan voucher khusus bagi pengunjung yang naik Gojek atau Gocar," kata District Consumer Engagement Gojek, Venny Johan.

Untuk mendukung kampanye Less Plastic, Gojek juga akan menyediakan water station atau isi ulang air mineral bagi pengunjung Makassar Culinary Night yang datang membawa botol atau tumbler sendiri. 

"Water station ini tersedia di beberapa titik area Makassar Culinary Night, hanya dengan membayar GoPay Rp1, pengunjung dapat mengisi air mineral sesuai kebutuhan," kata Venny.

3. Menjadi wadah bagi pelaku UMKM

Makassar Culinary Night Hadir Kembali, Yuk Cicipi Puluhan Kuliner EnakSuasana culinary area Sublime Pop Up Edition yang berlangsung di Benteng Fort Rotterdam Makassar, Sabtu 2 Juli 2022. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Mohammad Roem, mengatakan Makassar Culinary Night merupakan salah satu agenda pariwisata andalan di Makassar. 

Terselenggaranya event tersebut diharapkan menjadi wadah bagi para pelaku UMKM, khususnya kuliner lokal. Dengan begitu, para pelaku UMKM berkesempatan memasarkan dan mengenalkan produk mereka secara lebih luas.

"Ini akan menghasilkan perputaran ekonomi yang sangat dahsyat. Ini kedua setelah pandemik dan tidak lagi menggunakan anggaran pemerintah sejak 2019. Semoga ini bisa bertahan menjadi event kuliner terbaik di Kota Makassar," katanya. 

Baca Juga: Makassar Culinary Night 2022: GoPay Permudah Transaksi Pengunjung

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya