TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Banjir Menerjang RSUD Torabelo Sigi, Ruang Isolasi Pasien Corona Aman

Pagar tembok rumah sakit roboh

Kondisi rumah warga yang terbenam lumpur di Dusun II, Desa Poi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Senin (6/7/2020). ANTARA FOTO/Basri Marzuki

Palu, IDN Times - Rumah Sakit Umum Daerah Torabelo di Desa Sidera, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, diterjang banjir disertai lumpur, Kamis (9/7/2020).

Banjir yang diperkirakan setinggi setengah meter itu terjadi sekitar pukul 18.00 WITA. Direktur RSUD Torabelo, dr. Graf Richal, mengatakan hantaman banjir tersebut mengganggu pelayanan terhadap pasien.

"Pagar tembok kami roboh, sehingga air masuk dengan cukup deras," ungkap Graf kepada jurnalis di Palu, Kamis malam.

1. Kanal milik RSUD Torabelo tak mampu membendung arus banjir

Banjir disertai lumpur terjang RSUD Tora Belo, Kabupaten Sigi. Dok. IDN Times/tangkapan layar video

Graf menjelaskan, rumah sakit tersebut sebenarnya memiliki kanal, namun derasnya arus air disertai lumpur tak mampu dibendung kanal tersebut.

"Ada kanal di belakang (RSUD Torabelo) itu tetapi karena ini curah hujannya sangat tinggi, debit airnya jadi tinggi, kemampuan kanal untuk menampung itu tidak memadai. Itu sebenarnya masalahnya," bebernya.

2. Pasien RSUD Torabelo dievakuasi

Tim BPBD Sulteng di RSUD Torabelo, Sigi, Kamis (9/7/2020). Dok. IDN Times/BPBD Sulteng

Dua bangunan di RSUD Torabelo Sigi lumpuh akibat terjangan banjir dan lumpur. Akibatnya, pasien yang tengah dirawat harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

"Ya jadi pasien memang kita evakuasi ke ruangan-ruangan yang tidak terganggu, tetapi perabotan di dalam tak ada yang rusak, cuma masuk air dan becek," jelas Graf.

Dikatakan Graf, sebanyak 13 pasien telah dievakuasi. "Jadi mereka itu saat mulai banjir meminta pulang karena kondisinya baik," kata Graf.

Pasien lainnya, lanjut Graf, dievakuasi ke bangunan baru yang difungsikan sebagai ruang perawatan penyakit dalam yang tak terdampak banjir.

Berita Terkini Lainnya