TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Desa Talaga Sulteng jadi Kawasan Pangan Nusantara untuk Sokong IKN

Pemprov Sulteng siapkan lahan seluas 850 Ha di Donggala

Ilustrasi lahan pertanian. (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mulai menjalankan program nasional Kawasan Pangan Nusantara atau KPN, yang akan mendukung pasokan pangan untuk Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

"Program ini ada wujud dari komitmen Pemprov untuk mendukung penuh percepatan pembangunan IKN di Kaltim," jelas Ridha Saleh, Tenaga Ahli Gubernur Sulteng, dikutip ANTARA, Senin (26/9/2022).

1. Kawasan Pangan Nusantara di Desa Talaga

Ilustrasi sawah. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Menurut Ridha, Gubernur Sulteng, Rusdi Mastura, telah menandatangani Surat Keputusan tentang penetapan KPN di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala.

Penetapan Desa Talaga, tambah Ridha, diperkuat dengan Rekomendasi Kawasan Pangan Nusantara yang dikeluarkan Bappeda Sulteng kepada Bupati Donggala.

Ridha menjelaskan, status lahan KPN di Desa Talaga, seluas 850 hektare yang berada di area pegunungan.

Baca Juga: Menteri ATR/BPN: Sulbar Strategis Dukung Pembangunan IKN

2. Pembukaan lahan untuk KPN

Ilustrasi lahan sawah (IDN Times/ Ervan)

Hingga saat ini, pembukaan lahan untuk KPN di Sulteng sudah mencapai 40 hektare. Termasuk penyediaan fasilitas yang antara lain berupa, akses jalan, instalasi air, dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

"Satu hal yang paling disyukuri masyarakat setempat, khususnya yang memiliki perkebunan kelapa di sekitar kawasan adalah terbuka akses jalan dan ketersediaan air," tambah Ridha.

Baca Juga: Kisah Rahmi, Anak Donggala Berjuang Melawan Dampak Krisis Iklim

Berita Terkini Lainnya