Comscore Tracker

[FOTO] Kondisi Terkini di Majene-Mamuju Sulawesi Barat setelah Gempa

Kantor Gubernur Sulawesi Barat roboh diguncang gempa

Makassar, IDN Times - Gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang Sulawesi Barat (Sulbar) pada Jumat (15/1/2021) pukul 2.28 WITA mengakibatkan korban jiwa serta sejumlah bangunan rusak berat. Hingga pukul 11.10 WIB, Badan Penanggulan Bencana Nasional (BNPB) mencatat 8 korban meninggal dunia dan 637 orang mengalami luka-luka di Kabupaten Majene.

Sebanyak 62 unit rumah rusak, termasuk 1 unit Puskemas. Selain itu ada sekitar 2 ribu penduduk Majene sedang mengungsi demi menghindari gempa susulan jika terjadi tiba-tiba. Longsor di tiga titik pun memutus sementara akses jalan poros Majene-Mamuju.

Selain Majene yang menjadi pusat gempa, kerugian materiil juga dialami warga di Mamuju. Berikut ini beberapa foto kondisi terkini ibu kota Sulbar tersebut.

1. Tiang listrik yang roboh menutup satu ruas jalan di Mamuju. Gempa pada Jumat (15/1/2021) dinihari membuat jaringan listrik padam selama beberapa jam

[FOTO] Kondisi Terkini di Majene-Mamuju Sulawesi Barat setelah GempaWarga melintasi tiang listrik yang melintang di jalan raya pascagempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

2. Kantor Gubernur Sulbar di Mamuju ambruk akibat gempa. Namun belum ada kabar apakah ada korban jiwa di reruntuhan gedung empat tingkat tersebut

[FOTO] Kondisi Terkini di Majene-Mamuju Sulawesi Barat setelah GempaWarga mengamati Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

3. Gempa 6,2 M turut meruntuhkan sebagian bangunan Hotel d'Maleo yang berada di bibir pantai Kota Mauju

[FOTO] Kondisi Terkini di Majene-Mamuju Sulawesi Barat setelah GempaSalah satu sudut Hotel d'Maleo di Mamuju, Sulbar, yang runtuh akbat gempa pada Jumat (15/1/2021) dinihari. (Instagram.com/infomamuju_)

4. Sebuah mobil hancur tertimpa reruntuhan bangunan. Otoritas setempat masih menghitung kerugian akibat gempa

[FOTO] Kondisi Terkini di Majene-Mamuju Sulawesi Barat setelah GempaSebuah mobil dan bangunan rusak akibat gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Baca Juga: Kantor Gubernur Sulbar di Mamuju Roboh Diguncang Gempa M 6.2

5. Sejumlah rumah warga di Mamuju juga mengalami kerusakan berat akibat gempa yang terjadi selama 5-7 detik tersebut

[FOTO] Kondisi Terkini di Majene-Mamuju Sulawesi Barat setelah GempaSalah satu rumah warga Mamuju, Sulawesi Barat, yang roboh akibat gempa pada Jumat (15/1/2021) dinihari. (Instagram.com/infomamuju_)

6. Warga mengamati salah satu bangunan milik RS Mitra Manakarra Mamuju yang roboh akibat gempa

[FOTO] Kondisi Terkini di Majene-Mamuju Sulawesi Barat setelah GempaWarga mengamati bangunan RS Mitra Manakarra yang roboh pascagempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

7. Kini petugas sedang membersihkan puing-puing bangunan RS Mitra Manakarra dan beberapa gedung lain menggunakan alat berat

[FOTO] Kondisi Terkini di Majene-Mamuju Sulawesi Barat setelah GempaPetugas menggunakan alat berat memindahkan puing bangunan RS Mitra Manakarra yang rusak pascagempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Hingga berita ini ditulis, pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar telah mencatat 28 kali gempa susulan di Sulbar. Dua di antaranya yakni gempa 5,9 M pada Kamis, 14 Januari kemarin dan 6,2 M Jumat dinihari tadi.

Sementara itu, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Majene, Mamuju dan Polewali Mandar masih melakukan pendataan dan mendirikan tempat pengungsian di sejumlah titik.

Baca Juga: Gempa di Sulbar, BPBD Majene Laporkan Tiga Korban Jiwa

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya