Comscore Tracker

5 Tips agar Harimu Kian Produktif, Tentukan Porsi Bekerja!

Jangan sampai kelamaan WFH bikin kamu mager

Coba renungkan, apakah hari-harimu berjalan normal? Jangan sampai, kelamaan Work From Home (WFH) bikin harimu makin mager buat beraktivitas.

Walau pun sekarang aktivitas pekerjaan bisa dibilang sudah mulai nomal kembali, rasanya kita masih kebawa gaya hidup di masa pandemi.

Nah biar seharian kalian tetap produktif, sebaiknya simak 5 tips berikut ini.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Termasuk Orang yang Produktif, Mampu Mengatur Kegiatan!

1. Awali hari dengan bangun pagi dan olahraga

5 Tips agar Harimu Kian Produktif, Tentukan Porsi Bekerja!Jogging di pagi hari (unsplash.com/@Alex McCarthy)

Sebenarnya setiap orang memiliki jam untuk memulai hari berbeda-beda. Tapi nggak ada salahnya loh buat selalu bangun pagi. Bangun pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, dengan bangun pagi akan membuat mood menjadi lebih baik saat menjalani aktivitas seharian. 

Kalian bisa bangun pukul 5 pagi misalnya. Setelah itu mulailah dengan olahraga kecil-kecilan. Seperti jogging di sekitar kompleks rumah atau hanya sekadar senam di halaman rumah kalian. Tubuh berkeringat hidup jadi sehat! 

2. Buatlah catatan agenda harian

5 Tips agar Harimu Kian Produktif, Tentukan Porsi Bekerja!Buat agenda harianmu (unsplash.com/@Marissa Grootes)

Menyusun agenda harian menjadi hal penting, apalagi kalau kalian memiliki segudang pekerjaan yang harus dilakukan dalam satu hari. Agenda harian akan membuat harimu makin produktif dan kegiatan akan berjalan dengan teratur. Kamu akan mendapatkan kepuasan tersendiri apabila agenda harian kalian bisa terlaksana sesuai dengan catatan yang dibuat. 

3. Tentukan porsi waktu bekerja dan beristirahat

5 Tips agar Harimu Kian Produktif, Tentukan Porsi Bekerja!Makan-makanan yang kalian sukai (unsplash.com/@AliInay)

Bagi kamu para pekerja tentu saja sangat perlu untuk menentukan porsi dalam waktu atau singkatnya adalah time management. Baik yang bekerja di kantor atau rumahan, menentukan waktu menjadi bagian yang krusial. Ciptakan life balance dengan time manajemen agar tidak over work.

Jika sudah dijadwalkan jam bekerja dari pagi sampai sore, jangan paksa tubuh dan otak kamu untuk bekerja lagi. Apalagi sampai memaksakan tubuh terjaga hingga larut malam. Ambilah waktu untuk beristirahat sejenak. Misalnya dengan melakukan hobi atau hal yang kalian sukai atau juga sekadar makan-makanan yang lezat. Sehingga tubuh dan pikiran dapat teralihkan serta tidak mudah stress. 

4. Selalu merasa haus ilmu dan suka belajar

5 Tips agar Harimu Kian Produktif, Tentukan Porsi Bekerja!Belajar hal baru melalui internet (unsplash.com/@ AliisSinisalu)

Belajar dan mencari ilmu tidak melulu soal buku pelajaran. Kamu bisa mencari ilmu dan belajar hal-hal baru. Dengan hal tersebut, kamu tidak akan merasa tidak jenuh dengan aktivitas sehari-hari. Ditambah dengan berkembangnya internet, media sosial banyak sekali wadah untuk belajar hal baru. Belajar hal baru akan melatih dan menjaga fungsi otak.

5. Luangkan waktu untuk beribadah

5 Tips agar Harimu Kian Produktif, Tentukan Porsi Bekerja!beribadah disela kegiatan (unsplash.com/@afiqfatah)

Seharian sibuk bukan berarti melupakan waktu untuk beribadah, bukan? Sempatkan waktu untuk beribadah sejenak agar hati juga menjadi tenang.

Menjaga hubungan dengan Tuhan Yang Esa juga salah satu bukti bahwa kalian adalah orang yang bertanggungjawab pada suatu hal. Yakin deh, dengan meluangkan waktu untuk beribadah bakalan bikin hari semakin produktif. 

Kunci dari semua tips adalah lakukan dengan konsisten dan niat dari diri terlebih dahulu. Maka kamu akan terbiasa menjalani hari dan membuat hari-hari semakin produktif. Jangan sampai hari kamu hanya diisi dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tips Hidup Produktif Lewat Menulis Jurnal Harian 

Nova Nurlaila Photo Community Writer Nova Nurlaila

Mahasiswa Ilmu Komunikasi tingkat akhir

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya