Comscore Tracker

Resep Yogurt Cake Simpel Anti Gagal, Cuma Pakai Tiga Bahan

Lebih simpel tanpa tepung, mentega, dan gula

Yogurt adalah produk olahan hasil fermentasi susu dengan cita rasa asam yang khas. Selain dikonsumsi langsung, yogurt juga umum digunakan sebagai bahan tambahan untuk berbagai jenis makanan.

Untuk kamu penggemar yogurt yang senang makanan manis, olahan kue sederhana ini bisa kamu coba. Dengan tekstur padat dan lembut yang menyerupai custard, yogurt cake ini sangat cocok disajikan untuk anak-anak.

Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk, simak resep selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Resep Snickers Cake, Isiannya Lumer dan Melimpah!

1. Bahan-bahan

Resep Yogurt Cake Simpel Anti Gagal, Cuma Pakai Tiga Bahanilustrasi bahan membuat yogurt cake (pexels.com/Los Muertos Crew)
  • 1½ cangkir/375 gram yogurt manis (sweetened yogurt)
  • 4 butir telur
  • 5 sendok makan/45 gram tepung maizena

2. Campurkan ketiga bahan adonan

Resep Yogurt Cake Simpel Anti Gagal, Cuma Pakai Tiga Bahanilustrasi cara membuat yogurt cake (pexels.com/Los Muertos Crew)

Tuang yogurt ke dalam mangkuk, lalu tambahkan telur satu per satu dan kocok adonan hingga teksturnya halus dan tercampur rata. Kemudian masukkan tepung maizena ke dalam adonan.

Masukkan tepung maizena ke dalam adonan sedikit demi sedikit agar adonan tidak menggumpal. Agar hasil adonan lebih halus, jangan lupa untuk mengayak tepungnya terlebih dahulu.

3. Panggang menggunakan oven

Resep Yogurt Cake Simpel Anti Gagal, Cuma Pakai Tiga Bahanyogurt cake (instagram.com/mrmichaeljayson)

Panaskan oven pada suhu 180 °C, lalu siapkan wadah atau loyang untuk memanggang kue. Lapisi loyang kue dengan baking paper, lalu tuangkan adonan ke dalam loyang.

Panggang kue selama sekitar 1 jam atau hingga kue mengembang. Jika bagian atas kue tidak lagi basah dan permukaannya berwarna kecoklatan atau terkaramelisasi, artinya kue sudah matang.

Saat dikeluarkan dari oven, cake akan mulai mengempis dan terlihat berkerut. Dinginkan pada suhu ruang selama sekitar 30 menit, lalu masukkan ke dalam lemari es selama minimal 2 jam sebelum disajikan. Jangan lupa mengeluarkan kue dari lemari es sekitar 15 menit sebelum disajikan hingga kembali ke suhu ruang, agar cake lebih creamy dan tidak terlalu mengeras.

Mendiamkan cake di dalam kulkas sebelum disajikan akan mempengaruhi cita rasa kue. Jika langsung dimakan tanpa didinginkan, cita rasa telur akan sangat dominan dan kue akan terasa kurang manis.

4. Beri topping jika suka

Resep Yogurt Cake Simpel Anti Gagal, Cuma Pakai Tiga Bahanyogurt cake (instagram.com/debbieskitchencorner)

Yogurt cake ini bisa langsung dinikmati begitu saja tanpa bahan tambahan. Namun agar lebih nikmat, kamu juga bisa menambahkan topping yang kamu suka sesuai selera.

Contoh topping yang bisa kamu tambahkan antara lain taburan gula halus, selai buah, selai kacang, atau buah-buahkan. Sesendok besar es krim atau frozen yogurt juga bisa menjadi opsi topping yang segar.

5. Tips membuat yogurt cake

Resep Yogurt Cake Simpel Anti Gagal, Cuma Pakai Tiga Bahanyogurt cake (instagram.com/jeduardo1990)

Selain menggunakan plain sweetened yogurt, kamu juga bisa berkreasi dengan mengganti varian yogurt sesuai selera. Kamu bisa menggunakan yogurt vanilla, buah-buahan, ataupun varian rasa lainnya. Namun jika tidak memiliki yogurt manis atau yogurt berperisa, kamu bisa menambahkan gula pada adonan yogurt yang belum dicampur telur.

Selain sederhana dan hanya membutuhkan 3 bahan, yogurt cake ini juga tahan lama. Kue ini tahan disimpan di dalam lemari es hingga maksimal 3 hari. Tapi jangan lupa untuk menyimpannya di dalam wadah kedap udara agar cake tidak mengering.

Gimana, resep sederhana 3 bahan ini cukup mudah untuk diikuti, bukan? Jangan lupa untuk mencobanya di rumah, ya!

Baca Juga: Resep Sponge Cake yang Empuk dan Lembut, Praktis Banget!

Nurul M Photo Community Writer Nurul M

Berusaha menulis sesuai fakta. Mohon maaf jika terdapat misinformasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya