Comscore Tracker

Resep Tumis Daging Ayam Kecap Mudah dan Nikmat buat Lauk

Cocok jadi menu makan bersama keluarga di rumah

Daging ayam merupakan salah satu jenis daging yang mudah untuk ditemukan dan dan dapat diolah menjadi masakan yang lezat dan nikmat. Daging ayam bisa diolah menjadi berbagai menu masakan yang menggugah selera, seperti ditumis, digoreng, ataupun dibakar.

Kalau bosan dengan masakan berbahan dasar daging ayam yang begitu-begitu saja, kamu bisa mengkreasikan daging ayam menjadi menu istimewa lainnya. Nah, di bawah ini ada resep berbahan dasar daging ayam yang nikmat dan pastinya mudah untuk dibuat di rumah. Daging ayam yang sudah dipotong-potong ditumis bersama dengan bumbu-bumbu yang membuat rasanya gurih dan pastinya nikmat.

Kalau kamu penasaran, bisa langsung simak resep tumis daging ayam kecap di bawah ini.

Baca Juga: Resep Tongkol Goreng Manis, Lauk Pencuri Nasi yang Masaknya Simpel

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Tumis Daging Ayam Kecap Mudah dan Nikmat buat LaukDaging ayam segar (pixabay.com/RitaE)

Bahan-bahan:

  • 450 gram daging ayam
  • 100 gram wortel
  • 6 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 batang daun bawang
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap manis
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdm gula pasir
  • 1/2 sdm tepung maizena, larutkan dengan air secukupnya
  • Air hangat secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

2. Bersihkan dan potong-potong daging ayam 

Resep Tumis Daging Ayam Kecap Mudah dan Nikmat buat Laukilustrasi memotong daging (pixabay.com/congerdesign)

Pertama-tama ambil daging ayam lalu cuci dengan air hingga ayam bersih. Kemudian potong-potong daging ayam menjadi bentuk dadu kecil. Kamu juga bisa memotongnya menjadi ukuran yang besar, cukup sesuaikan dengan selera masing-masing.

Setelah itu pindahkan daging ayam yang sudah dipotong-potong tadi ke dalam mangkuk dan cuci kembali daging ayam hingga benar-benar bersih, sisihkan. Kemudian potong-potong wortel menjadi berbentuk dadu dan cuci dengan menggunakan air hingga bersih. Pindahkan ke dalam mangkuk dan sisihkan.

3. Cincang dan tumis bawang hingga harum

Resep Tumis Daging Ayam Kecap Mudah dan Nikmat buat Laukilustrasi mengiris bawang (pixabay.com/pasja1000)

Selanjutnya cincang kasar bahan-bahan lainnya seperti bawang merah dan bawang putih hingga halus. Kemudian ambil daun bawang lalu iris-iris menyerong, masukkan dalam mangkuk dan sisihkan sebentar.

Kemudian nyalakan api kompor dan panaskan minyak goreng secukupnya di atas wajan. Setelah minyaknya panas langsung masukkan bawang putih cincang dan tumis sebentar sampai wangi.

Lalu masukkan cincangan bawang merah, aduk-aduk sebentar kemudian masukkan daging ayam yang sudah dipotong-potong tadi. Tumis daging ayam bersama bawang hingga wangi dan mulai berubah sedikit warnanya.

4. Masak daging bersama bumbu hingga matang

Resep Tumis Daging Ayam Kecap Mudah dan Nikmat buat Laukilustrasi menumis daging ayam (pixabay.com/Zozz_)

Tuangkan air hangat ke dalam wajan lalu biarkan hingga airnya mendidih. Setelah itu masukkan irisan wortel bersama dengan bumbu-bumbu penyedap seperti saus tiram, garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk-aduk sebentar, masak hingga daging ayamnya matang dan empuk.

Setelah daging ayamnya dirasa sudah mulai matang dan empuk selanjutnya langsung masukkan kecap manis dan gula pasir secukupnya. Aduk-aduk hingga semua bumbu tercampur rata dengan daging ayam.

Kemudian masukkan irisan daun bawang lalu aduk rata. Masak hingga airnya mulai tinggal sedikit atau menyusut.

5. Koreksi rasanya dan sajikan

Resep Tumis Daging Ayam Kecap Mudah dan Nikmat buat Laukilustrasi tumisan daging ayam (pixabay.com/adoproducciones)

Setelah airnya mulai menyusut, lanjut tuangkan larutan tepung maizena sambil terus diaduk-aduk hingga rata. Masak sebentar hingga semua bahan benar-benar matang. Jangan lupa untuk tes rasanya terlebih dahulu.

Kemudian matikan api kompor dan pindahkan tumisan daging ayam ke dalam wadah atau piring saji yang sudah disiapkan. Dan tumis daging ayam kecap pun siap untuk disajikan.

Kamu bisa mencoba resep tumis daging ayam kecap di atas untuk dijadikan menu lauk pendamping nasi putih di rumah. Rasa gurih dan manisnya dijamin bikin nambah nasi terus. Jangan lupa untuk mencoba resepnya di rumah, ya!

Baca Juga: Resep Telur Ceplok Pedas Manis, Lauk Makan Sederhana yang Sedap

Max Thobias Photo Community Writer Max Thobias

Cooking, writing and exercising... Do your part and all you can, and let God do his part and finish it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya