Comscore Tracker

Resep Ceker Kecap Pedas Super Nikmat untuk Menu Makan Siang

Perpaduan ceker dan bumbunya bisa bikin kamu ketagihan

Gak hanya diolah jadi krispi, ceker ayam bisa diolah ke berbagai macam menu masakan nikmat. Salah satunya ceker kecap pedas, menu simpel nan nikmat yang cocok buat lauk makan siang.

Persiapan memasaknya cuma memerlukan beberapa bahan saja, serta cara pengolahannya terbilang praktis. Begini resep cara membuat ceker ayam kecap pedas yang cocok untuk makan siang yang super nikmat.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Ceker untuk Camilan saat Nongkrong di Rumah 

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan 

Resep Ceker Kecap Pedas Super Nikmat untuk Menu Makan Siangilustrasi cabai (unsplash.com/Thomas M. Evans)

Bahan:

  • 500 gram ceker ayam
  • 6 sdm kecap manis
  • 3 buah cabai merah, iris
  • 3 ruas jari jahe
  • 3 tangkai daun bawang
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 sdt gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 4 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit

2. Cara membuat ceker kecap pedas yang nikmat 

Resep Ceker Kecap Pedas Super Nikmat untuk Menu Makan Siangilustrasi ceker ayam mentah (pixabay.com/falco)

Untik membuat ceker ayam kecap pedas yang nikmat, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan seperti di poin sebelumnya. Kalau sudah, ambil ceker ayam untuk dibersihkan. Lalu kupas kulit kuning yang menempel hingga bersih. Kamu bisa menambahkan perasan jeruk untuk membalurnya agar tidak bau amis.

Setelah dibersihkan, ceker direbus dengan air secukupnya, tambahkan pula jahe yang sudah digeprek. Masak rebus ceker sampai dagingnya empuk dan matang, setelah itu angkat dan tiriskan.

3. Haluskan bumbu sampai merata 

Resep Ceker Kecap Pedas Super Nikmat untuk Menu Makan Siangilustrasi memberikan bumbu pada masakan (pexels.com/DapurMelodi)

Siapkan bahan-bahan bumbu halus seperti bawang dan cabai. Bawang dan cabai dihaluskan hingga tercampur rata, setelah itu bumbu halus ditumis hingga harum. Masukkan jahe, daun jeruk, dan irisan cabai ke dalam bumbu tumisan, lalu aduk sampai rata.

Kalau bumbunya sudah tercampur, masukkan ceker ayam yang sudah direbus tadi. Masukkan juga air sedikit, aduk-aduk hingga rata. Masak ceker ayam sampai matang dan bumbunya agak meresap agar cita rasanya lebih berasa.

4. Masak ceker ayam sampai matang dan bumbunya meresap 

Resep Ceker Kecap Pedas Super Nikmat untuk Menu Makan Siangilustrasi memasukkan bumbu (pexels.com/cottonbro)

Jika ceker ayam sudah agak larut dengan bumbunya, tambahkan garam, gula, dan kecap manis ke dalamnya. Aduk-aduk kembali sampai bumbunya merata, kemudian biarkan sejenak agar daging cekernya benar-benar matang sempurna dan bumbunya menyusut.

Ceker harus dimasak dengan cara yang tepat supaya hasil cita rasanya keluar yaitu pedas manis dari bumbu rempahnya. Meski memakai bahan sederhana, tapi olahan ceker ini lebih terasa sampai ke dalam jika cara masaknya benar.

5. Sajikan ceker ayam kecap pedas sebagai menu makan siang yang nikmat 

Resep Ceker Kecap Pedas Super Nikmat untuk Menu Makan SiangIlustrasi olahan ceker ayam (pixabay.com/Rierosa222)

Jika ceker ayam sudah matang dan bumbunya larut, angkat hidangan tersebut untuk disajikan ke dalam wadah. Boleh ditambahkan dengan taburan irisan daun bawang di atasnya agar menggugah selera.

Setelah itu, sajian ceker ayam kecap pedas pun sudah siap dinikmati, dan jangan lupa beri nasi hangat di sampingnya. Makan siang dengan menu lauk ceker kecap pedas jadi makin kalap, deh.

Sangat sederhana untuk membuat ceker ayam kecap pedas ini, karena terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan dan cara pengolahannya pun praktis. Yuk, segera dicoba untuk menu lauk makan siangmu!

Baca Juga: Resep Ceker Bumbu Pedas, Rasanya Nampol Abis!

Gebialya R. Photo Community Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya