Comscore Tracker

Beragam Kuliner Unik Khas Pangkep dengan Cita Rasa Lezat

Pernah cicipi kelezatan Sop Saudara khas Pangkep?

Bukan hanya keindahan panorama alam dengan bentang pesisir pantai dan kawasan gunung karst yang indah. Kamu juga bisa menikmati makanan lezat khas Kabupaten Pangkajene Kepulauan atau Pangkep di Sulawesi Selatan (Sulsel). 

Daerah di Sulsel yang satu ini memiliki beberapa macam menu kuliner yang lezat dan selalu membuat ketagihan. Yakin saja, rasanya bisa diadu dengan hidangan dari daerah lain.

Di bawah ini ada beberapa makanan khas dari Pangkep yang bisa membuat kita ketagihan.

1. Kue dange Pangkep

Beragam Kuliner Unik Khas Pangkep dengan Cita Rasa LezatKue dange (instagram.com/erna7879)

Kue Dange ini sekilas mirip kue pukis atau sagu ragi. Kue Dange merupakan makanan khas dari Pangkep yang cukup populer. Kue Dange ini dibuat dengan memakai olahan gula merah, tepung ketan, parutan kelapa, garam dan air.

Jajanan Kue Dange cocok disantap bersama kopi atau teh saat sore hari ketika bersantai. Harga kue ini sendiri berkisar antara Rp15 ribu sampai Rp40 ribu untuk per porsinya.

2. Sop Saudara

Beragam Kuliner Unik Khas Pangkep dengan Cita Rasa LezatInstagram.com/foodholic30

Sop Saudara merupakan salah satu hidangan kuliner terkenal kalau di Pangkep. Kuliner Sop Saudara mempunyai arti: Saya adalah Orang Pangkep, Saudara. Hidangan Sop Saudara ialah sup kuah yang memakai bahan utama daging sapi dan dicampur jahe, telur, serai, cabe merah, merica bubuk, dan juga susu. 

Dengan begitu, maka rasa Sop Saudara ini gurih. Sop Saudara paling enak jika disantap bersama nasi hangat serta ikan bandeng atau ikan bolu. Cukup mengeluarkan uang Rp20 ribu saja atau Rp30 ribu, maka kamu sudah dapat menikmati Sop Saudara ini yang khas Pangkep. 

3. Abon bolu

Beragam Kuliner Unik Khas Pangkep dengan Cita Rasa LezatIlustrasi bajabu atau abon ikan khas bugis (dok. pribadi/Satriadi Rasyid)

Maksudnya adalah Abon dari ikan bolu. Pangkep sendiri terkenal menjadi salah satu kawasan penghasil bandeng yang berkualitas terbaik. Bukan hanya disantap langsung saja, bandeng biasa dijadikan abon juga.

Untuk per bungkusnya, abon Ikan bolu atau bandeng ini harganya Rp15 ribu sampai Rp20 ribu. Banyak juga toko yang menjual abon unik satu ini. Kamu juga dapat menemukan berbagai olahan bandeng lainnya yang terkenal. Misalnya saja yang populer yaitu bandeng presto, lalu ada pizza bandeng, dan burger bandeng. 

4. Udang Pangkajene

Beragam Kuliner Unik Khas Pangkep dengan Cita Rasa Lezatidntimes.com/Dhiya Awlia Azzahra

Di daerah Pangkep, terdapat udang yang khas yaitu jenis udang vanamae. Udang ini merupakan salah satu jenis udang unggulan di Indonesia. Harga udang tersebut sendiri cukup bervariasi, dari Rp50 ribu sampai Rp100 ribu per kilogramnya.

Udang tersebut telah menjadi bahan makanan populer di pesisir Labakkang. Selain Udang Pangkajene, kalian bisa menemukan juga ragam hasil laut yang lain seperti kepiting dan cumi.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Paling Keren di Pangkep, Ada Taman Purbakala

5. Kerupuk Rajungan

Beragam Kuliner Unik Khas Pangkep dengan Cita Rasa Lezatinstagram.com/hifi3820

Lalu yang terakhir adalah kerupuk yang dibuat dengan bahan kepiting rajungan. Kerupuk Rajungan tersebut dibuat dengan bahan dasar seperti tepung sagu lalu dicampur dengan kepiting rajungan serta garam. 

Sementara rasa Kerupuk Rajungan ini renyah dan pastinya bisa bikin ketagihan. Untuk sebungkus kerupuk rajungan ini berkisar antara Rp15 ribu sampai Rp22 ribu. Kalian bisa membeli Kerupuk Rajungan yang telah siap dimakan.

Ada juga Kerupuk Rajungan yang mentah sehingga bisa dibawa ke rumah untuk digoreng atau menjadi oleh-oleh. Pas banget pastinya Kerupuk Rajungan menjadi camilan santai di rumah. Apa lagi rasa Kerupuk Rajungan tentu berbeda dengan Kerupuk atau Keripik lain.

Itulah beberapa makanan khas dari Pangkep yang cocok untuk kalian cicipi. Semoga ulasan kuliner ni bisa bermanfaat buat kalian, ya!

Baca Juga: Kapoposang, Spot Wisata Bawah Laut Eksotis di Pangkep

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya