Comscore Tracker

5 Penganan Khas Selayar yang Mesti Kamu Jajal saat Berkunjung

Jangan lupa cobain kuliner khas sambil berwisata di Selayar

Kepulauan Selayar yang terletak di ujung selatan Pulau Sulawesi tidak hanya menyimpan segudang keindahan alam. Di sana, kamu juga bisa menemukan kekayaan kuliner.

Saat kamu berwisata ke Selayar, jangan lupa menyicipi berbagai penganan khas masyarakat setempat. Berikut ini beberapa di antaranya, dikutip dari situs Dinas Pariwisata Kepulauan Selayar.

Baca Juga: 9 Pesona Taman Nasional Taka Bonerate, Lautan Surga di Selayar

1. Kue Sengkang

5 Penganan Khas Selayar yang Mesti Kamu Jajal saat BerkunjungKue Sengkang (pariwisata.kepulauanselayarkab.go.id)

Kue Sengkang bentuknya seperti candi dengan isian kacang kenari. Konon, dulu kue ini hanya dinikmati kalangan petinggi kerajaan. Namun hingga kini sudah umum ditemui di mana-mana di Selayar.

Kue Sengkang terbuat dari tepung beras, tepung terigu, gula pasir, mentega, dan sejumlah bahan lainnya, terutama isian kacang kenari. Kue yang memiliki rasa manis dan gurih ini sangat cocok dijadikan buah tangan untuk sanak saudara.

2. Kue Te're

5 Penganan Khas Selayar yang Mesti Kamu Jajal saat BerkunjungInstagram.com/kulinerbulukumbabulukumba

Kue te're bentuknya khas, mirip jaring kotak panjang. Teksturnya garing dengan warna kecokelatan.  Rasanya manis, berasal dari gula merah yang dicairkan.

Kue ini, selain di Selayar, juga bisa ditemui di sejumlah daerah di Sulsel dengan nama berbeda. Misalnya di Bulukumba, yang dinamai bannang-bannang.

3. Kalakere

5 Penganan Khas Selayar yang Mesti Kamu Jajal saat BerkunjungKalakere. (Dok. Istimewa)

Kue khas tradisional selayar berikutnya adalah kalakere, yang terbuat dari tepung beras. Kue ini  dinamakan kalakere karena proses pembuatannya yang dileker dalam bahasa selayar dan berbentuk seperti angka delapan.

Kalakere memiliki cita rasa yang khas, tidak terlalu manis dan sedikit gurih. Sangat tepat untuk teman minum teh ataupun kopi. Seperti halnya kue sengkang, kue kalakere ini pun dipanggang menggunakan panggangan tradisional yang disebut palakko.

4. Haje Banneh

5 Penganan Khas Selayar yang Mesti Kamu Jajal saat BerkunjungHaje banneh. (Dok. Istimewa)

Haje Banneh bentuknya seperti wajik namun bahan yang digunakan berbeda. Jika biasanya wajik dibuat menggunakan tepung beras ketan namun haje ban’ah dibuat dari bahan dasar jewawut, yang dalam bahasa Selayar disebut bannah. Tumbuhan ini seperti padi namun daunnya agak lebar dan memiliki biji yang cukup banyak. Biji inilah yang bisa dibuat kue Haje Banneh.

Kue hitam dengan corak bintik–bintik hitam ini bercita rasa manis karena adanya kandungan gula merah.

5. Tenteng Kenari

5 Penganan Khas Selayar yang Mesti Kamu Jajal saat BerkunjungTenteng kenari. (pariwisata.kepulauanselayarkab.go.id)

Ada banyak kue khas Selayar yang menggunakan bahan Kenari, termasuk tenteng. Itu karena Selayar merupakan salah satu daerah penghasil kenari di Sulsel.

Bahan yang digunakan untuk membuat tenteng kenari diantaranya gula pasir, gula merah, kacang kenari dan air.

Itu tadi lima daftar penganan khas Selayar. Kamu pernah nyobain yang mana? Atau punya daftar lain yang layak orang tahu? Tulis di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Wisata Pantai Terpopuler di Selayar, Cocok untuk Tempat Healing!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya