Comscore Tracker

5 Jenis Es Khas Makassar Ini Cocok Disantap saat Cuaca Panas, Segar!

Mana yang sudah kamu coba?

Saat ini cuaca panas di Kota Makassar cukup menyengat. Air putih saja kadang belum cukup untuk menghilangkan gerah, apalagi bagi kamu yang beraktivitas di luar ruangan. 

Sebagai kota yang kaya akan kuliner, Makassar tentu punya beberapa menu berbahan es yang cocok banget untuk kamu santap saat cuaca panas sedang melanda. Kamu bisa menemukan jajanan-jananan segar itu di berbagai sudut kota Daeng.

Nah, daripada kamu pusing, berikut IDN Times merekomendasikan 5 es khas Makassar yang bisa bantu kamu menghilangkan gerah.

1. Es Poteng

5 Jenis Es Khas Makassar Ini Cocok Disantap saat Cuaca Panas, Segar!instagram.com/dapurpopuler

Es poteng merupakan penganan yang terbuat dari singkong hasil fermentasi atau masyarakat Makassar menyebutnya sebagai tape ubi.

Untuk menambah kesegaran, tape ubi akan diberi taburan es serut lalu disiram dengan sirup DHT, sirup pisang Ambon berwarna merah khas Makassar. 

Rasanya yang asam manis cocok banget menemani kamu saat cuaca terik tak bersahabat. 

2. Es Pisang Ijo

5 Jenis Es Khas Makassar Ini Cocok Disantap saat Cuaca Panas, Segar!instagram.com/numpangsaveresep.id

Es pisang ijo biasanya sangat mudah ditemui saat bulan Ramadan. Tapi bukan berarti di bulan lain tidak ada.

Sesuai namanya, penganan ini menggunakan pisang sebagai bahan utama. Pisang itu lalu dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Dinikmati bersama kuah fla, sirup DHT, dan es serut, bikin penganan ini jadi berasa manis dan gurih. 

Karena kesegarannya, penganan ini cocok banget untuk dijadikan teman di saat cuaca terik. Lidah kamu pasti langsung dimanjakan saat menyantapnya. 

3. Es Pallu Butung

5 Jenis Es Khas Makassar Ini Cocok Disantap saat Cuaca Panas, Segar!cookpad.com

Sama-sama menggunakan pisang sebagai bahan utama, sekilas es pallu butung dan es pisang ijo terlihat mirip. Namun keduanya sama sekali berbeda.

Jika pisang dalam es pisang ijo dibalut adonan tepung berwarna hijau, maka pisang dalam es pallu butung justru dipotong kecil-kecil. Kuah es pallu butung terbuat dari tepung beras dan santan sehingga menjadikannya seperti bubur berwarna putih.

Meski tampilannya sederhana, tapi bukan berarti rasanya juga sederhana lho. Rasanya sudah pasti gurih, apalagi kalau ditambahkan es serut dan susu kental manis.

Baca Juga: Filosofi di Balik Es Pisang Ijo, Jajanan Khas Makassar

4. Es Putar Papabon

5 Jenis Es Khas Makassar Ini Cocok Disantap saat Cuaca Panas, Segar!instagram.com/nurainmadjid

Bicara tentang cuaca panas pasti tidak jauh dari yang namanya es krim atau es putar. Di Makassar sendiri, ada gerai es putar bernama Es Putar Papabon.

Berlokasi di Jalan Gunung Nona, gerai ini ramai dikunjungi masyarakat. Di sini kamu bisa memiliih es putar dengan aneka rasa, mulai dari rasa coklat, vanila, oreo dan masih banyak lagi.

5. Es kelapa muda plus sirup DHT

5 Jenis Es Khas Makassar Ini Cocok Disantap saat Cuaca Panas, Segar!instagram.com/ladikitchen

Es kelapa muda boleh disebut paling mudah ditemui. Kamu bisa menemukannya dijual di pinggir jalan. Tempat paling mudah menemukannya yaitu di sekitar anjungan Pantai Losari dan di depan Benteng Fort Rotterdam Makassar.

Biasanya es kelapa muda disajikan dengan tambahan gula merah, tapi bakal lebih segar lagi kalau dicampur bersama sirup DHT. Dijamin gerahmu pasti hilang.

Itulah beberapa rekomendasi es khas Makassar yang wajib kamu coba. Kamu sendiri sudah coba yang mana?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Seputar Es Pisang Ijo, Kudapan Khas Makassar

Topic:

  • Asrhawi Muin
  • Irwan Idris

Just For You