Comscore Tracker

5 Makanan & Minuman Khas Makassar Paling Digemari pada Musim Hujan

Mulai dari coto Makassar sampai sarabba'

Musim hujan sudah tiba. Hujan juga turun cukup lama, alhasil suhu pasti dingin. Mau di luar atau dalam rumah. Seperti kata orang banyak, udara dingin menimbulkan keinginan makan atau minum hidangan hangat. Iya, kan?

Sebagai saran, IDN Times menyusun daftar makanan atau minuman khas Sulawesi Selatan yang kayaknya cocok kamu nikmati ketika udara dingin di musim hujan.

1. Coto Makassar

5 Makanan & Minuman Khas Makassar Paling Digemari pada Musim Hujaninstagram.com/horizonhoman

Kota Makassar memang terkenal dengan makanan ini, sih. Mulai dari ujung Sudiang hingga sekitar Pantai Losari, warung-warung makan yang menjual Coto Makassar tersebar di seluruh pelosok Kota Daeng.

Coto juga pantas nempatin tempat teratas dari daftar pendek ini. Ada banyak pilihan olahan yang berasal dari daging sapi. Irisan daging, hati, jantung, paru, atau bahkan campur alias kombinasi dari keempatnya. 

Yang jadi andalan, tentu saja kuahnya. Selalu disajikan dalam kondisi hangat, rempah-rempah dalam kuah coto sudah pasti langsung menghangatkan badanmu. Jangan lupa ketupat sebagai tambahan. Kenyang!

2. Pallubasa

5 Makanan & Minuman Khas Makassar Paling Digemari pada Musim Hujaninstagram.com/mylunch_of_mine/

Sekilas memang mirip coto, daging sapi atau kerbau jadi bahan utamanya. Baik itu daging hingga jeroannya. Proses memasak daging pallubasa pun sama, yakni direbus selama berjam-jam lalu diiris-iris sebelum dihidangkan.

Yang jadi pembeda adalah tambahan serundeng atau parutan kelapa halus pada kuah. Ada juga tambahan "alas", yakni kuning telur ayam kampung yang dicampur ke kuah dalam keadaan utuh.

Nah, jika coto disajikan bersama ketupat, pallubasa acap kali dinikmati bersama sepiring nasi putih.

Baca Juga: Kamu Suka Coto Makassar? Ini 5 Warung yang Wajib Kamu Datangi!

3. Sop Saudara

5 Makanan & Minuman Khas Makassar Paling Digemari pada Musim Hujangoodindonesianfood.com

Kayaknya daging-dagingan memang jadi ciri khas kuliner Makassar, ya? Sop Saudara juga gitu, soalnya memakai bahan dasar daging sapi. Dagingnya juga direbus selama berjam-jam.

Namun, kuah dan isinya jadi pembeda. Sop saudara punya beberapa campuran selain daging dan jeroan. Ada bihun, perkedel kentang serta telur rebus. Selain itu, kuahnya dicampur dengan bumbu rempah dan telur bebek.

Sama seperti pallubasa, sop saudara juga disajikan dengan nasi putih hangat. Mau lebih lengkap? Sajikan juga ikan bakar.

4. Pisang Peppe'

5 Makanan & Minuman Khas Makassar Paling Digemari pada Musim Hujananakuntad.com

Lagi gak pengen makanan berat? Kamu bisa mencoba pisang peppe'. Dengan bahan dasar pisang yang belum matang, pisang lebih dulu digoreng lebih dahulu sebelum dipipihkan.

Mudah, kan? Tapi justru bahan pelengkapnya yang menarik. Sambal, yang bisa jadi pendamping pisang peppe', terbuat dari tomat, cabai dan garam. Gak mau pedes? Kamu bisa memakai saus lain seperti coklat, keju atau gula merah.

5. Sarabba'

5 Makanan & Minuman Khas Makassar Paling Digemari pada Musim HujanInstagram.com/adityayudha90

Sarabba' adalah versi Sulawesi dari wedang jahe. Bahan dasar minuman dengan aroma khas ini adalah jahe, kuning telur, gula merah, santan serta merica bubuk. Alhasil rasanya pedas manis.

Sarabba' sendiri ampuh untuk menghangatkan badan, hingga meredakan masuk angin. Beberapa bahkan percaya minuman khas yang biasa dihidangkan di acara hajatan ini bisa meningkatkan stamina.

Yang jelas, sarabba' cocok banget diminum ketika hujan.

Gimana? Udah ada ide mau makan/minum apa? Atau mungkin kamu juga ada ide hidangan hangat lainnya? Yang jelas, jangan ki lupa makan!

Baca Juga: 7 Camilan Khas Makassar Berbahan Pisang, Bukan Cuma Pisang Ijo Guys!

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Just For You